Tips Memberikan Pertolongan Pertama Saat Anak Demam Secara Alami dan Aman

Anak merupakan anugrah yang luar biasa yang telah diberikan kepada kita. Sangatlah senang apabila mempunyai anak, anda dapat bermain dan bercanda bersama anak anda, tetapi pada saat anak mengalami demam tentu anda tak tega melihatnya,sebab semua tawa dan canda anak menjadi hilang. Demam pada anak dapat terjadi karena adanya perubahan suhu tubuh atau bisa juga sebab terserang virus. Sebenarnya merupakan hal yang wajar apabila terjadi demam pada bayi karena biasanya saat demam akan membentuk antibiotik alami pada tubuh anak anda. Kenali juga penyebab mimisan dan cara mengatasinya.

Tips Memberikan Pertolongan Pertama Saat Anak Demam Secara Alami dan Aman :: Portal Bisnis Bersama

Kebanyakan orang menjadi panik saat anaknya mengalami demam, sebaiknya apabila anak anda mengalami demam janganlah panik sebab apabila anda panik bisa mempengaruhi psikologis anak anda. Berikut ini akan kami bahas dan rangkum Tips Memberikan Pertolongan Pertama Saat Anak Demam Secara Alami dan Aman yang bisa anda simak dibawah ini :

8 Cara Cepat menurunkan Demam Anak secara Alami

  1. Ukur Suhu Tubuh Anak dengan Termometer

    Apabila anak anda mengalami demam disertai panas, segera ukur suhu tubuh anak anda apabila panasnya masih dibawah 35 derajat celcius berarti panas anak anda masih normal tetapi apabila panasnya sudah diatas 38 derajat celcius segera periksa ke rumah sakit terdekat.
  2. Segera Kompres dengan Kompresan Khusus untuk Anak

    Pada saat ini telah banyak kompresan khusus untuk anak-anak yang dijual di apotik terdekat. Segera kompres anak anda dibagian dahi atau jidatnya. Apabila keesokan harinya anak anda masih panas atau malah bertambah tinggi panasnya segera periksakan ke dokter supaya dapat ditangani dengan cepat apabila terjadi sesuatu.
  3. Menggunakan Parutan Bawang Merah dan Jahe

    Solusi alami dan aman anda bisa memanfaatkan Bawang merah dan jahe mempunyai zat yang dapat menurunkan demam, caranya anda bisa parut bawang dan jahe kemudian ditambahkan sedikit minyak lalu oleskan parutan tersebut diseluruh tubuh anak anda sambil diurut perlahan-lahan dan jangan sampai terkena mata.
  4. Berikan Makanan Hangat yang Bergizi

    Saat tubuh mengalami demam biasanya sistem pertahanan atau imun tubuh si anak semakin berkurang, maka dari itu berikan makanan hangat yang mengandung gizi seperti sop sayur, kuah kaldu ayam dan lainnya.


  5. Jangan Terlalu Rapat Menutupi Tubuh

    Kebanyakan orang berpikir pada saat anak mengalami demam dan badannya terasa panas berarti harus dipakaikan jaket, kaos kaki dan baju hangat. Padahal itu tak sepenuhnya benar sebab justru apabila tubuh anak anda ditutup dengan rapat maka suhu panas yang ada didalam tubuh tak dapat keluar. Sebaiknya kenakan pakaian yang tipis atau tak terlalu tebal, tetapi untuk sementara jangan nyalakan kipas anging atau AC terlebih dahulu supaya suhu tubuh anak anda kembali normal.
  6. Perbanyak Minum Air Putih

    Salah satu penyebab demam pada anak ialah sebab kurangnya cairan dan mineral pada tubuh anak. Untuk itu perbanyak minum air putih sehingga cairan tubuh bisa terpenuhi kembali dan suhu tubuh dapat menjadi normal kembali.
  7. Berikan Obat Penurun Panas Khusus untuk Anak

    Apabila panas anak tak kunjung turun maka cobalah untuk memberikan obat penurun panas khusus anak karena obat penurun panas khusus anak dan obat panas untuk dewasa mempunyai dosis yang berbeda. Berikan obat yang mengandung ibuprofen atau paracetamol yang aman untuk anak-anak.
  8. Perbanyak Istirahat

    Saat demam, kondisi tubuh anak menurun sehingga diperlukan banyak istirahat supaya kondisi tubuh anak kembali pulih. Untuk anak anda merasa nyaman pada saat beristirahat dan jangan sampai ada yang menganggunya. Apabila semua cara diatas sudah anda lakukan tetapi panas anak anda tidak menurun atau semakin bertambah sebaiknya segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat supaya bisa ditangani.
Demikian artikel yang dapat kami sampaikan tentang Tips Memberikan Pertolongan Pertama Saat Anak Demam Secara Alami dan Aman yang membantu anda untuk merawat dan menjaga buah hati saat sedang demam, intinya saat anak demam janganlah panik dan buat mereka senyaman mungkin didekat anda. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya.

Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini