Penyebab Penyakit Kurap Gejala Dan Cara Menghilangkannya

Penyakit kurap merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang juga disebut sebagai Tinea Corporis . sama halnya dengan penyakit panu, penyakit kurap juga akan membuat si penderita kurang percaya diri karena malu. Penyakit kurap akan menimbulkan rasa gatal yang teramat sangat, sehingga si penderita biasanya gak tahan untuk tidak menggaruknya. Tetapi, sebenarnya penyakit kurap tidak akan selesai bila hanya digaruk, justru malah akan menambah lebar penyakit kurap itu sendiri. Kurap bisa menyerang semua bagian kulit dari tubuh kita, namun kebanyakan kurap menyerang bagian kulit seperti punggung, wajah, kulit kepala, kaki, ketiak, selakangan dan lain sebagainya. Pelajari juga 11 Macam-macam Penyakit Kulit Yang Disebabkan Oleh Jamur.

Penyebab Penyakit Kurap Gejala Dan Cara Menghilangkannya :: Portal Bisnis Bersama

Penyebab munculnya penyakit kurap pada kulit

Penyebab munculnya penyakit kurap pada kulit yaitu sebab adanya parasit atau yang dikenal sebagai salah satu dermatofit yang memakan keratin. Kurap merupakan salah satu penyakit kulit yang menular. Penyakit Kurap bisa menular melalui beberapa media, seperti bersentuhan langsung dengan si penderita ataupun bersentuhan langsung dengan hewan yang kulitnya terserang kurap. Tak hanya itu, benda mati yang terkena parasit tersebut juga bisa menjadi media penyebaran penyakit kurap ini. Berkut ini akan kami bahas dan rangkum Penyebab Penyakit Kurap Gejala Dan Cara Menghilangkan yang bisa anda simak dibawah ini :

Berikut ini adalah gejala-gejala yang akan dialami oleh penderita penyakit kurap:

  • Munculnya lesi dengan bentuk bulat dimana pinggirannya agak tebal dan berisi air yang berwarna bening.
  • Kemudian, timbulnya rasa yang amat gatal, khususnya saat berkeringat atau udara dingin.
  • Lalu, garukan pada kulit akan menimbulkan peradangan.
  • Setelah itu, Akan terasa perih saat terkena air atau pada saat mandi.
  • Terakhir, Kulit bersisik.

Cara mencegah agar terhindar dari penyakit kurap

Munculnya kurap pada kulit kita sebenarnya sangat erat hubungannya dengan kebersihan. Jadi agar kita bisa terhindar dari penyakit kulit ini, kita harus lebih menjaga kebersihan kulit kita. Usahakan supaya tempat-tempat yang kita gunakan selalu dalam keadaan putih dan bersih. Contohnya kamar mandi, kamar mandi merupakan salah satu tempat yang sering dijadikan sarang oleh banyak bakteri atau bibit penyakit. Oleh sebab itu kita harus lebih merawat dan menjaga kebersihan kamar mandi.  berikut ini contonhnya
  • Perhatikan kebersihan tempat tidur.
  • Kemudian, Lebih seringlah mencuci sprei atau bantal.
  • Lalu, Gunakanlah pakaian-pakaian yang bersih.
  • Setelah itu, hindari juga bersentuhan langsung dengan si penderita kurap.
  • Terakhir, hindari juga gonta-gantian pakaian atau handuk dengan orang lain, khususnya pakaian dan handuk si penderita.

Nah itulah beberapa hal yang harus dilakukan supaya terhindar dari penyakit kurap. Setelah mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit kurap. Untuk anda yang pada saat ini menderita penyakit kurap, berikut ini cara mengatasi atau mengobati penyakit kurap:

Cara mengatasi atau mengobati penyakit kurap secara tradisional dengan bahan-bahan alami:
  • Lengkuas

    Lengkuas adalah salah satu jenis bahan bumbu yang sangat sering kita jumpai di dapur. Tak hanya digunakan sebagai bumbu masak, lengkuas juga bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan penyakit kurap. Cara meramu atau menggunakannya:pertama, siapkan tanaman lengkuas, lalu tumbuk ujung lenkuas hingga menyerupai sapu, kemudian, celupkan pada air cuka.setelah itu, oleskan pada kulit yang terserang penyakit kurap. Lalu, lakukan cara ini secara teratur 2 hari sekali sampai penyakit kurapnya menghilang.
  • Bawang Putih

    Bawang putih yang juga merupakan bumbu masak ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi dan menghilangkan penyakit kurap. Cara meramunya menjadi obat penghilang kurap yaitu dengan menumbuk bawang putih hingga halus, kemudian, dioles-oleskan ke kulit yang terkena kurap. Diamkan selama ½ jam, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2 kali sehari secara rutih agar hasilnya maksimal.
  • Belerang

    Belerang sangat mudah ditemukan di gunung-gunung  vulkanik baik berupa batu maupun air alami yang mengandung belerang. Tetapi, anda dapat lebih mudah mendapatkannya sebab belerang telah dijual ditoko-toko. Belerang sangat bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan penyakit-penyakit gatal, tak hanya itu belerang juga bisa di jadikan obat alternative penghilang penyakit kurap. Cara membuatnya yaitu belilah belerang yang cair di toko terdekat, lalu, oleskan pada kulit yang terserang kurap, kemudian, diamkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih. Kemudian, lakukan hal ini secara teratur dan rutin hingga kurap di kulit anda menghilang.
Demikian artikel yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Penyakit Kurap Gejala Dan Cara Menghilangkannya yang bisa anda jadkan refernsiuntuk menmbah wawasan dan juag bisa and apraktikkn dirumah . Terima kasih telah berkunjung dan membacanya.

Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini