11 Macam-macam Penyakit Kulit Yang Disebabkan Oleh Jamur

Macam-Macam Penyakit Kulit Yang Dikarenakan Jamur memang cukup banyak jenisnya. Untuk itu anda harus mengatui gejala awalnya. Jamur sama halnya dengan bakteri, jamur mempunyai karakteristik buruk pemicu penyakit kulit tetapi ada juga yang berkarakteristik baik. Jamur Tinea corporis merupakan gejala penyakit kulit jamur terhadap penyakit kulit mempunyai sebutan masing-masing seperti gatal selangkangan, kutu air, panu, skabies, kurap dan lainnya. Pelajari juga cara menjegah diabetes sejak dini.

11 Macam-macam Penyakit Kulit Yang Disebabkan Oleh Jamur :: Portal Bisnis Bersama

Jamur dapat menjangkiti seluruh tubuh terlebih lagi hingga ke rongga mulut apabila daya tahan tubuh seseorang lemah. Tanda transparan diderita seseorang berupa keluhan bernapas ringan atau ruam kulit. Infeksi jamur terkadang berpotensi menjadi berat bahkan berdampak komplikasi sampai akhirnya merenggut nyawa dalam kasus tertentu pada saat  tidak dirawat serius. Berikut ini akan kami bahas dan rangkum 11 Macam-Macam Penyakit Kulit Yang Disebabkan Oleh Jamur yang bisa anda simak dibawh ini :

1. Penyakit Kulit Kurap

Kurap (istilah medis ringworm) ditandai bercak yang memberikan sensasi gatal hebat. Apabila terus digaruk, akan meluas. Kurap biasa hinggap di punggung, sekitar selangkangan, kaki, ketiak, kulit kepala, serta wajah.

Ciri :
  • Saat mandi terasa perih
  • Gatalnya luar biasa
  • Gatal jika keringatan dan bersisik
  • Hasil menggaruk mengakibatkan inflamasi atau radang kulit

2. Penyakit Kulit Meningitis Jamur

Sebagai jamur infeksi penyebab meningitis jamur. Infeksinya condong ke peradangan selaput tipis melingkupi otak termasuk sumsum tulang belakang. Infeksi umum diraih dari inhalasi sel-sel jamur di udara terbuka. Kekebalan tubuh yang rendah dapat disisipi mikroorganisme tersebut.

Efek yang ditimbulkan:
  • Penderita merasa kebingungan atau linglung
  • Sakit kepala kemudian mengantuk

3. Penyakit Kulit Scabies

Faktor Infeksi dari tungau ataupun kutu kecil. Rasa gatal-gatal timbul waktu malam hari. Ini diduga keadaan ruangan sedikit terkena sinar matahari, persisnya lembab. Tak hanya itu kurang terpelihara kebersihan dan tidak cukup gizi turut berpengaruh.

4. Penyakit Kulit Kaki Atlet

Berakibat kulit melepuh, terbakar, luka, memerah, mengelupas dan gatal di kaki. Infeksi biasanya saat musim kemarau, iklim lembab dan iklim hangat. Hidup jamur di jaringan mati seperti rambut, kulit, dan kuku kaki. Faktor lingkungan lembab dan hangat seperti kamar mandi umum, kaus kaki, sepatu, kamar ganti, dan kolam renang. Untuk kaki atlet, usahakan kaki selalu kering dan bersih.

5. Penyakit Kulit Kandidiasis

Mikroorganisme bernama candida albicans menyukai usus, organ kemaluan wanita, selaput lendir, kuku, mulut. Keluhan kandidiasis tanpa pandang bulu, artinya semua umur berpeluang tertular dengan tandanya bengkak, lidah bebercak putih, nyeri menelan, sudut bibir retak yang pecah (contoh kandidiasis pada rongga mulut).

6. Penyakit Kulit Tinea Barbae

Penyakit ini menginfeksi kulit dimana tertutup janggut, rambut, folikel rambut, dan kulit leher. Jamur berbahaya memicunya merupakan microsporum cranis dan trycophyton violaceum.

7. Penyakit Kulit Panu

Macam macam penyakit kulit yang disebabkan jamur salah satunya yaitu jamur. Jamur pytirosporum ovale biang kulit memutih diikuti gatal-gatal. Panu kebanyakan ada di kulit kepala, leher, wajah, lipatan tangan, punggung dan tangan. Macam-macam penyakit kulit yang dikarenakan jamur. Pelajari cara membuat ramuan pemutih kulit dari buah alami.

Sebab panu:
  • Pemakaian obat steroid
  • Suhu udara panas dan lembab
  • Infeksi jamur
  • Hamil dan memakai pil KB

8. Penyakit Kulit Cryptococcus Neoformans

Selalu mengincar sistem saraf kendali dan paru-paru memungkinkan keduanya terbilang rawan. Pengidap HIV/AIDS stadium lanjut termasuk target dari jamur ini. Apabilamana mengacaukan otak maka terjadi meningitis, sementara kalau paru-paru cirinya menyerupai pneumonia.

9. Penyakit Kulit Aspergillus

Jamur ini memunculkan infeksi darah serius dan paru paru orang dengan daya tahan tubuh lemah yakni penerima donor sumsum tulang, pengidap HIV dan kanker. Jamur tersebut tersebar di media udara, ruang bawah tanah, debu, penyejuk udara, tanaman. Gejala khas: demam, suara mengi dan batuk.

10. Penyakit Kulit Histoplasmosis

Sanggup menimbulkan infeksi paru jangka panjang lalu meluas menuju sistem saraf pusat khususnya mereka yang rapuh daya tahan tubuhnya. Infeksi ini umum oleh kotoran kelelawar / burung dimana ditandai pegal, demam, sakit dada, batuk, pusing.

11. Penyakit Kulit Sporotrichosis

Dibedakan menjadi 3 yaitu menjalar area lain, bagian kulit, organ vital paru-paru. Infeksinya memuat di tetumbuhan maupun tanah. Penyakit Kulit Sporotrichosis paru-paru dengan gejala batuk, demam, napas pendek, serta sakit dada. Penyakit Kulit Sporotrichosis yang menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya tulang, sendi, atau sistem saraf pusat. Jenis sporotrichosis ini biasanya menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Penyakit Kulit Sporotrichosis merupakan sporotrichosis yang paling umum terjadi. Ciri ciri penyakit kulit Sporotrichosis berupa benjolan kecil berwarna ungu, merah, atau merah muda yang tidak terasa sakit dan tumbuh di tangan. Benjolan tersebut dapat muncul lebih dari satu dan akan membesar serta menjadi bisul atau luka yang sulit sembuh. 

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan tentang 11 Macam-Macam Penyakit Kulit Yang Disebabkan Oleh Jamur yang bisa anda jadikan refersnimuntuk menambah wawasan dan juga bisa anda praktkkan dirumah. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya.

Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini