Robot Kubus Sedot Perhatian Para Mahasiswa

Begitu banyak hal baru yang muncul setiap harinya, mulai dari perkembangan teknologi hingga isu kenegaraan. Hanya saja pembahasan mengenai teknologi terbaru masih santer diberitakan dan diburu. Sebut saja peluncuran seri terbaru Iphone yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat dunia. Tak ayal banyak yang mengincarnya walaupun dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi. Lalu, perkembangan teknologi apa saja yang mencuri perhatian publik akhir-akhir ini?

Robot Kubus Sedot Perhatian Para Mahasiswa :: PortalBisnisBersama
Sumber : mavemagz.com

Robot mungkin sudah tidak asing lagi di pendengaran kita. Pasalnya kemajuan teknologi satu ini telah membantu hampir sebagian besar pekerjaan manusia. Bahkan beberapa di antaranya dijual ke pasaran sebagai hiburan. Negara produsen robot yang cukup produktif adalah Jepang dengan berbagai inovasinya. Belakangan, Anda bisa menemukan robot kubus yang mengundang decak kagum para pemerhati robot. Hal ini dikarenakan aplikasi dari teori fisika dan perhitungan matematika yang cermat.

Momen inersia yang diterapkan menyebabkan robot kubus mampu bergerak kesana kemari. Robot inipun mampu berdiri pada satu sudut saja dengan seimbang. Pergerakan yang terjadi diatur secara elektronik dan berjalan otomatis. Sehingga para penggunanya tak perlu menyetel ulang atau menggerakkan secara manual. Di samping itu, kubus ini pun memiliki 3 buah roda yang berada di dalamnya. Roda-roda inilah yang mempengaruhi pergerakan dari kubus tersebut hingga seimbang.

Bentuk kubus ini sendiri terbuat dari rangka alumunium dengan rusuk berukuran 15 cm. Cukup mudah digenggam dan dibawa kemana-mana untuk ukuran sebuah robot. Penemuan robot kubus ini sendiri dinilai cukup unik dan menawanm karena menggabungkan ilmu fisika dan elektro dalam satu produk. Penelitian seputar robot kubus sendiri awalnya dilakukan oleh universitas MIT. Kabar baiknya, penemuan ini mulai dikembangkan dan diadaptasi oleh universitas-universitas lainnya.

Hal tersebut tentu membuka kemungkinan akan kemajuan teknologi robot yang semakin mengagumkan. Bukan tidak mungkin jika nantinya robot kubus diproduksi secara masal dengan tambahan keunggulan lainnya. Mengingat fungsi robot di awal kemunculannya adalah untuk membantu tugas manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Anda pun pastinya bisa pula turut mengikuti perkembangan dari robot kubus ini.

Cara kerja robot kubus ini terletak pada 3 roda yang ada di dalamnya. Pertama-tama, roda di bagian dalam akan berputar kencang selama beberapa detik. Setelah itu roda akan mengerem dengan sendirinya. Hasil momentum dari pergerakan roda dan perhentiannya inilah yang menciptakan energi untuk robot kubus bergerak. Desain robot kubus sendiri telah memperhitungkan energi yang diperlukan secara matematis dan fisika. Dengan begini, hasil akhir dari sebuah robot pun terlihat begitu jelas.

Percobaan yang dilakukan terhadap gaya serta energi yang terkait nantinya dicatat dan diprogram dalam prosesor. Prosesor tersebut ditanam ke dalam robot kubus dengan sangat hati-hati. Satu hal yang tak dilupakan pula yaitu sensor accelerometer yang akan mengukur keseimbangan dari pergerakan kubus itu sendiri.


Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini