Posisi Tidur Mempengaruhi Kesehatan

Tidur adalah kegiatan alamiah yang biasa dilakukan oleh makhluk hidup, jika hewan tentu akan memiliki jam tidur yang berbeda dengan manusia. Manusia tentu harus memiliki jam tidur yang lebih teratur dibandingkan dengan hewan. Manusia pun harusnya lebih memperhatikan tidurnya, jangan sampai berlebihan namun juga jangan sampai kurang jamnya.

Posisi Tidur Mempengaruhi Kesehatan :: PortalBisnisBersama


Jika manusia tidur lebih dari delapan jam tentu akan berdampak buruk terhadap kesehatan, begitu pula jika seseorang jam tidurnya kurang dari delapan jam berbagai masalah kesehatan juga akan timbul. Selama ini banyak artikel yang membahas tentang dampak kurang tidur terhadap kesehatan, namun jarang sekali ada artikel yang membahas tentang beberapa posisi tidur beserta  manfaatnya  bagi kesehatan.

Banyak orang yang tidur tanpa memperhatikan posisi tidurnya, yang terpenting bagi mereka adalah tidur nyenyak. Tahukah Anda bahwa posisi tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Pernahkah Anda merasa saat bangun tidur Anda merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu?, hal itu bisa saja terjadi jika Anda salah menentukan posisi tidur. Oleh sebab itu agar terhindar dari resiko sakit punggung, pegal-pegal dan dapat memperpanjang umur ada baiknya Anda menerapkan cara tidur yang baik dan sesuai. Posisi tidur jika benar dan baik tentu akan memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Posisi tidur yang tidak benar bisa berdampak buruk dan efeknya pun akan dapat dirasakan langsung terhadap tubuh Anda.

Berikut ini beberapa posisi tidur yang bermanfaat bagi kesehatan :

1.   Tidur Miring ke kanan

Ketika Anda tidur, usahakanlah untuk tidak tidur dengan melakukan posisi badan miring ke arah kiri, karena ketika Anda tidur dalam  posisi seperti  ini bisa membuat kerja jantung Anda bisa terganggu, selama Anda tidur jantung Anda masih tetap bekerja menjalankan tugasnya. Namun jika Anda tidur miring ke arah kiri maka kerja jantung Anda akan terbebani oleh berat tubuh  Anda dan menimbulkan akibat yang sangat fatal.

2.   Posisi Tidur Telentang

Posisi tidur telentang ternyata akan membuat nyeri punggung Anda lebih baik, tidur dengan membentuk posisi  badan menghadap ke atas atau telentang sangat baik bagi Anda yang memiliki sakit punggung. Ditambah dengan meletakkan bantal  di posisi bawah lutut kaki akan memiliki manfaat  yaitu bisa menahan beban punggung bawah Anda. Tidur seperti bayi
Anda pasti pernah melihat bayi sewaktu dalam kandungan dengan bantuan USG. Ternyata tidur seperti bayi baik bagi Anda, posisi tidur seperti bayi adalah posisi miring dengan tekuk  agak ditekuk ke arah dalam dan posisi punggung melengkung.

3.   Menghindari Tidur telungkup

Tahukah Anda bahwa tidur telungkup atau biasa disebut dengan tidur tengkurap sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan, sama halnya dengan posisi tidur yang condong ke kiri. Tidur telungkup atau tengkurap sangat tidak baik dan tidak dianjurkan karena hanya akan membebani kerja jantung. Jika Anda sering tidur dalam posisi ini, maka Anda akan rawan terkena penyakit jantung.


Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini