Mengenal Sistem Operasi Android

Seiring dengan kemunculan ponsel pintar yang semakin marak, istilah Android juga semakin dikenal masyarakat luas. Hal ini terjadi karena Android adalah sistem operasi bawaan dari beberapa ponsel pintar berbagai macam merk. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan Android itu? Apa kelebihannya sehingga Android dijadikan sebagai sistem operasi ponsel pintar?

Mengenal Sistem Operasi Android :: Portal Bisnis Bersama

Kelahiran Android


Android sebenarnya adalah salah satu sistem operasi diponsel seperti yang tadi diawal telah kita bahas. Android dibuat berdasarkan modifikasi Linux Kernel yang awalnya dikembangkan oleh Android Inc yang memiliki basis di California, Amerika Serikat. Pada tahun 2005 Android Inc dibeli oleh Google dan beberapa tahun berikutnya telah berdiri sebuah sistem yang mengatur pendistribusian Android pada para vendor ponsel. Karena hubungan erat Android dan ponsel pintar tidaklah heran jika dalam sistem operasi ponsel pintar, layanan google mendominasi.

Seri Android


Android pertama kali diluncurkan dengan nama Android versi 1.5 atau lebih dikenal dengan sebutan cupcake (kue mangon). Android ini berbasis Linux Kernel 2.6.2.7 dimana versi Android ini memiliki beberapa fitur baru dan pengalaman tatap muka seperti merekam dan menonton video pada mode camcoder, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picassa secara langsung dari ponsel.

Seri Android lainnya adalah SDK yaitu Software Development Kit versi 1.6 dirilis dan mendapat julukan sebagai Donut. Seri Android yang ini masih berbasis pada Linux Kernel 2.6.2.7. Namun seri Android ini memiliki lebih banyak kelebihan seperti integrasi antar muka fitur kamera foto, rekam video dan galeri. Selain itu Android Donut ini juga memberikan beberapa fasilitas yang menjamin kemudahan penggunanya, seperti update voice search dengan respon yang lebih cepat dan bisa membuat panggilan telepon dari nomer kontak dengan perintah suara.

Versi 2.0 atau yang biasa disebut Eclair resmi diumumkan sebagai bagian dari varian Android. Masih menggunakan Linux Kernel versi 2.6.29 dan perubahan yang terjadi pada seri ini adalah: peningkatan kecepatan profesor, dilengkapi dengan google maps dan lain-lain.

Seri Android berikutnya adalah versi 2.1 yang katanya fitur yang ditawarkannya tidak jauh berbeda dengan seri Android lainnya karena itu beberapa menyebutnya masih sebagai Eclair. Dan masih banyak lagi seri Android yang dirilis oleh google seperti Jelly Bean, Kit Kat dan lain-lain yang akan selalu ditunggu oleh penggila gadget.

Dengan kelebihannya yang opensource, Android memungkinkan pengguna atau programer untuk membuat berbagai macam aplikasi yang akan digunakan dalam ponsel pintarnya. Banyaknya penggemar ponsel pintar dengan sistem operasi Android membuat pihak google Android terus berusaha mengembangkan seri Android supaya tidak kalah tertinggal dengan iOS milik iPhone ataupun sistem operasi lainnya. Sehingga para penggemar Android tidak kecewa menghabiskan banyak waktu menunggu seri Android berikutnya.


Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini