Mencegah Diabetes Sejak Dini

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Hingga sekarang pun, belum ada obat yang dapat mengobati diabetes, hanya pemberian insulin pada penderita diabetes. Diabetes melitus dapat terjadi pada siapa saja dan berapa pun umurnya. Penyakit diabetes ini tidak dapat dianggap remeh karena jika sudah parah, akan menimbulkan komplikasi penyakit yang lainnya, seperti jantung.

Mencegah Diabetes Sejak Dini :: PortalBisnisBersama


Luka pada orang penderita diabetes juga memerlukan waktu yang lama untuk sembuh dan dapat menyebar, sehingga ada yang harus di amputasi kakinya akibat luka karena diabetes. Rusaknya pankreas yang tidak dapat memproduksi hormon insulin secara maksimal merupakan penyebab diabetes melitus, sehingga kadar gula dalam darahnya berlebih.

Pengertian Diabetes Melitus


Diabetes Melitus adalah penyakit dengan ditandai tingginya kadar gula dalam darah oleh gangguan pada sekresi insulin. Penderita penyakit ini tidak dapat memproduksi dan memberi respon pada hormon insulin dengan baik yang dihasilkan oleh pankreas. Hal tersebut menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menjadi meningkat yang akan memicu komplikasi dalam jangka pendek dan juga jangka panjang. Diabetes harus dikenali sejak dini dengan memeriksakan gula darah. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tingkat gula darah di atas 200, maka positif terkena diabetes. Diabetes terbagi menjadi 2 tie, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya menyerang pada usia dibawah 20 tahun, sedangkan diabetes pada tipe 2 menyerang pada usia di atas 35 tahun.

Pada umumnya diabetes menyerang pada orang yang memiliki tubuh gemuk, namun tidak pada penderita diabetes tipe 1. Pada tipe ini, justru penderitanya memiliki tubuh kurus dan penyebabnya adalah rusaknya pankreas yang menyebabkan berkurangnya produksi hormon insulin. Berbeda dengan diabetes tipe 2, penderita pada tipe ini umumnya berpostur gemuk dan penyebab dari diabetes tipe 2 adalah resistensi insulin, artinya pankreas dapat menghasilkan hormon insulin namun tidak bekerja dengan baik untuk mengontrol kadar gula darah. Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah karena merupakan kelainan genetik sejak lahir atau faktor keturunan. Sedangkan diabetes tipe 2 masih dapat dicegah karena diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Gejala Diabetes Melitus


Untuk mengenali penyakit diabetes sejak dini selain dengan pemeriksaan kadar gula dalam darah, dapat mengenali gejala-gejala nya sebagai berikut :
  1. Intensitas buang air kecil yang terlalu sering.
  2. Sering merasa haus.
  3. Mudah lapar.
  4. Mudah lelah dan ngantuk.
  5. Turunnya berat badan.

Untuk diabetes tahap lanjut, gejala-gejala yang ditimbulkan juga semakin parah, diantaranya :
  1. Menurunnya berat badan dengan cepat.
  2. Sering merasa kesemutan.
  3. Apabila luka, luka tersebut sangat sulit untuk sembuh.

Mencegah Diabetes Melitus Sejak Dini


Jika mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan, hendaknya periksa kan ke dokter untuk pencegahan. Pencegahan juga dapat dilakukan 
  • Merubah gaya hidup menjadi gaya hidup.
  • Mengurangi porsi makan, jangan terlalu banyak makan nasi karena hanya akan menambah kadar gula 
  • Diet sehat dan 
  • Olahraga secara 
  • Usahakan jaga berat 
  • Perbanyak makan 
  • Hindari makanan berlemak karena nantinya hanya akan menambah kadar gula dalam 
  • Hindari minuman bersoda.

Jika hal-hal di atas dapat dilakukan, maka dapat memperkecil resiko terkena diabetes yang akan menyebabkan kematian.


Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini