Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah semangka, siapa pula yang tidak pernah makan semangka. Buah semangka memang buah yang familiar dengan harga yang terjangkau. Selain mudah didapatkan, semangka menjadi buah favorit sebagian orang karena mengandung banyak air sehingga termasuk buah yang sangat segar.



Semangka merupakan jenis buah yang berair  dan buah semangka yang bermanfaat bagi kesehatan adalah semangka yang daging buahnya berwarna merah. Buah semangka sangat cocok di konsumsi pada saat udaranya panas, dan di siang hari yang cuacanya begitu terik. Selain berfungsi sebagai buah penghilang dahaga, banyak sekali khasiat buah semangka yang berfungsi sebagai kesehatan tubuh Anda.

Sebelum kita membahas beberapa manfaat semangka bagi kesehatan, ada baiknya kita mengenal dulu si buah semangka ini. Buah semangka berwarna merah mengisyaratkan bahwa buah semangka memiliki beberapa kandungan di dalamnya, kandungan itu diantaranya adalah terdiri beberapa macam nutrisi, beberapa macam vitamin, kandungan mineral,zat  kalium, zat betakaroten,  kaya vitamin C  dan beberapa macam serat yang diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, mulailah untuk selalu menyediakan buah ini di rumah Anda.

Sekedar info bagi Anda, kebiasaan salah telah beredar di masyarakat. Mereka banyak yang makan buah sebagai pencuci mulut, padahal konsumsi buah yang terbaik adalah setengah jam sebelum makan. Mengapa begitu?, dengan  konsumsi buah sebelum makan maka pencernaan Anda akan dilancarkan oleh serat dari buah itu, sehingga pencernaan akan lancar ketika akan diisi oleh makanan yang lebih berat dibandingkan dengan nasi. Namun jika mengkonsumsi buah setelah makan, tentu malah akan membuat dampak kesehatan terganggu. Nutrisi dilengkapi dengan banyaknya vitamin di dalam buah semangka akan memiliki manfaat dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Tahukah Anda apa saja manfaat semangka buat kesehatan, berikut ini beberapa manfaat semangka untuk kesehatan :

  1. Menciptakan jantung sehat, kandungan likopen begitu melimpah di dalam buah semangka. Likopen merupakan zat yang berfungsi sebagai penjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat.
  2. Menyehatkan mata, hal ini dikarenakan kandungan betakaroten, ketika masuk ke dalam tubuh maka zat betakaroten berubah dijadikan vitamin A. Sudah kita ketahui bahwa vitamin A sangat berguna bagi kesehatan indra penglihatan Anda.
  3. Kekebalan tubuh meningkat, semangka merupakan buah yang mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin C merupakan vitamin yang berfungsi untuk membantu menjaga kekebalan tubuh dari penyakit  dengan sistem imun. Oleh sebab itu, tubuh menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit ketika cuaca sedang tidak bersahabat atau bahkan cuacanya sedang ekstrem.
  4. Tulang kuat, disebabkan oleh buah  semangka, buah semangka memang memiliki banyak kandungan kalium, zat  kalium dalam buah semangka merupakan zat yang berfungsi menjaga kasium yang ada di dalam tubuh Anda. Dengan zat kalium Anda bisa mempertahankan sendi dan tulang Anda agar tidak keropos.



Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini