Komponen Penting Laptop dan Cara Merawatnya

Laptop merupakan sebuah komponen elektronik yang terdiri dari komponen software dan hardware. Hardware  merupakan sebuah perangkat keras yang terdiri dari banyak komponen yang membuat sebuah laptop dapat menyala dan dapat dioperasikan oleh manusia. Pada dasarnya laptop merupakan sebuah komputer mini yang dapat dibawa kemana-mana tanpa harus disambungkan oleh listrik.


Beberapa komponen laptop yang memiliki fungsi yang sangat penting harus selalu dirawat dan digunakan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan agar memperoleh kinerja laptop yang maksimal dan mencegah terjadi kerusakan. Dengan mencegah kerusakan komponen tersebut diharapkan Anda tidak akan mengeluarkan uang banyak untuk memperbaiki atau mengganti komponen tersebut karena harga komponen laptop relatif tinggi. Ada beberapa jenis komponen penting dan tips cara merawat dan menggunakannya dengan baik.

Layar atau LCD Laptop


Layar atau LCD pada sebuah laptop adalah komponen terpenting dalam sebuah laptop, karena fungsi  utama dalam komponen ini adalah menampilkan semua isi yang ada dalam laptop. Oleh karena itu tanpa adanya sebuah LCD atau layar dalam laptop, maka Anda tidak akan bisa menggunakan dan mengoperasikan laptop Anda. Namun demikian LCD sangat rawan terjadi kerusakan, oleh karenanya perlu cara yang tepat untuk merawatnya. Cara pertama ialah dengan meletakkan laptop ditempat yang aman, dan empuk. Kemudian menghindari meletakkan beban yang berat di atas laptop, seperti buku dan peralatan tertentu, dan juga tidak langsung menutup layar ketika selesai menggunakan laptop dalam waktu yang lama, karena untuk menghindari LCD terjadi penguapan.

Bateray


Bateray dalam sebuah laptop merupakan komponen yang sangat penting lainnya. Dimana dengan bateray inilah laptop bisa dibawa kemana yang Anda inginkan. Hal tersebut dikarenakan bahwa fungsi utama battery ini adalah untuk menyimpan energy dan dengan battery inilah laptop tetap hidup walaupun lepas dari stop kontak pada listrik. Namun terkadang baterai dapat mengalami kerusakan dan kebocoran yang membuat bateray cepat habis dan boros. Adapu cara untuk merawat bateray yang baik adalah dengan sering mencabut cas laptop ketika Anda menggunakan laptop dan mengetahui bahwa  bateray Anda sudah berisi penuh 100%. Hal tersebut dikarenakan jika Anda sering membiasakan cas tetap tertancap pada laptop Anda padahal battery sudah penuh 100% maka yang terjadi ialah bateray laptop Anda akan kelebihan kapasitas dan akhirnya dapat melembung atau mengembang.  Bateray yang mengembang inilah yang membuat battery cepat boros saat digunakan.

Keyboard


Keyboard adalah salah satu komponen penting lain yang ada dalam sebuah laptop. Keyboard pada dasarnya mempunyai fungsi untuk mengetik dan mengoperasikan laptop Anda. Selain itu dalam keyboard inilah terdapat  tombol penting lain. Oleh karenanya  tanpa keyboard ini orang tidak akan bisa mengoperasikan sebuah laptop. Letak dan posisi pada keyboard sebenarnya sangat rawan, terlebih  lagi permukaan keyboard  banyak sekali lubang. Dengan banyaknya lubang membuat komponen ini sangat rawan kemasukan benda asing yang membuat keyboard rusak, salah satu car untuk menghindari hal tersebut ialah dengan menutup keyboard dengan penutup khusus untuk keyboard laptop.


Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini