Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Anak-anak sering sekali merasakan demam pada tubuhnya karena usia anak-anak memang masih rentan terserang virus dan bakteri, dimana sistem imun nya masih bekerja kurang maksimal. Demam bukan lah suatu penyakit, namun demam merupakan reaksi tubuh dalam melawan kuman dan bakteri. 

Cara Mengatasi Demam Pada Anak :: PortalBisnisBersama


Saat anak terkena demam, orang tua wajib memantau perkembangannya, apakah anak tersebut masih dapat bermain, makan, minum atau pun buang air kecil. Jika anak lebih banyak tidur saat demam, kurang nafsu makan dan jarang buang air kecil, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Sikap Orang Tua Saat Anak Demam


Pada saat anak sedang demam, sebaiknya para orang tua harus lebih konsentrasi untuk membuat nyaman anak. Dengan anak merasa nyaman, hal tersebut juga membantu proses kesembuhan dibanding berkonsentrasi menurunkan demam pada anak. Apabila terjadi kejang-kejang pada saat anak demam, jangan panik dan tetap tenang. Kejang terjadi karena naiknya suhu tubuh yang sangat pesat pada awal infeksi dan hal tersebut terjadi sebelum orang tua menyadari bahwa anaknya terkena demam. Cara terbaik adalah menenangkan si anak dan membawanya ke dokter. Hal paling penting adalah membiarkan anak istirahat dan jangan bangunkan anak untuk minum obat, biarkan saja hingga anak tersebut terbangun. Pemberian obat pun juga harus sesuai dosis yang tertera pada obat.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak


Obat demam digunakan jika sangat membutuhkan, seperti anak rewel saat demam, suhu badan tinggi dan sebagainya. Obat demam bukan untuk menurunkan panas, tetapi hanya untuk memberi kenyamanan pada anak. Dengan atau pun tanpa obat demam, suhu saat demam akan naik dan turun sesuai siklus nya. Cara yang dapat dilakukan selain memberikan obat penurun panas, kompres lah dengan air hangat. Kompres dengan air hangat akan menyerap panas karena tubuh tidak perlu menyesuaikan suhunya. Kompres dapat berfungsi melancarkan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit dan memberikan rasa nyaman dan tenang. Hindari mengompres dengan air dingin karena akan membuat anak menggigil dan tidak nyaman.

Kompres dengan air dingin dapat menyebabkan pusat pengatur suhu tubuh yang ada di otak meningkatkan suhu tubuh agar tidak kedinginan yang akan meningkatkan suhu tubuh anak. Jika anak mengalami demam hingga 38 derajat celcius, sebaiknya orang tua harus segera menghubungi dokter dan tetap buat si anak nyaman dengan dibantu obat penurun panas. Namun saat demam anak tidak rewel, orang tua tidak harus memberikan obat penurun panas. Saat demam, usahakan anak banyak minum air putih, bagi bayi usahakan banyak minum susu sebagai usaha mencegah dehidrasi yang diakibatkan oleh demam. Pemberian minyak kayu putih juga dapat dilakukan agar tubuh si anak tetap hangat sambil dilakukan pijatan kecil. Tidak lupa juga memberi buah-buahan pada anak karena buah banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.


Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini