Cara Mencegah Batuk Dan Mengobati Batuk

Siapa yang tidak pernah terserang batuk?, tentu semua orang pernah mengalaminya meskipun dengan jenis yang berbeda-beda. Ada yang batuk kering dan batuk berdahak. Memang batuk bukanlah penyakit berat, namun namanya penyakit tentu akan sangat tidak mengenakkan tenggorokan. Di cuaca yang panas seperti ini orang yang terkena penyakit batuk bertebaran dimana-mana, ada yang berlangsung tiga hari atau bahkan bisa sampai seminggu lebih.

Cara Mencegah Batuk Dan Mengobati Batuk :: PortalBisnisBersama


Bagi yang belum terserang batuk Anda baiknya berhati-hati dalam menjaga kesehatan Anda, dikarenakan batuk mudah menular dan siap menyerang Anda kapan saja. Memang di Indonesia yang memiliki dua musim yaitu kemarau dan penghujan sangat membuat rentan terhadap penyakit ini. Saat kemarau maka kondisinya akan cenderung panas dan berdebu, sedangkan di musim penghujan maka udaranya akan terasa dingin sampai menusuk tulang. Saat musim kemarau berganti ke musim dingin akan membuat tubuh Anda beradaptasi dengan perubahan alam yang terjadi. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun rentan untuk terkena penyakit ini.

Penyakit batuk pada umumnya berkaitan dengan tenggorokan, oleh sebab itu saat Anda terkena penyakit batuk. Yang akan merasakan tidak nyaman adalah tenggorokan. Sangat perih dan tenggorokan terasa gatal dan seperti ditusuk oleh duri. Gejala awal Anda akan terkena batuk adalah tenggorokan Anda akan terasa gatal dan tenggorokan Anda akan terasa tidak nyaman. Jika Anda sudah merasakan gejala seperti itu ada baiknya Anda tahu bagaimana mencegah agar batuk tidak menyerang Anda.

Mencegah penyakit batuk bisa Anda lakukan dengan banyak mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, semangka, pepaya dan masih banyak lainnya. Kita tahu bahwa vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun yang ada di dalam tubuh. Jika sistem imun baik, maka tubuh akan lebih kebal dari segala penyakit, termasuk penyakit batuk. Jika Anda malas untuk mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C, Anda bisa mencari vitamin C yang kini telah diubah dalam bentuk tablet. Setelah itu, gunakanlah masker ketika Anda berinteraksi dengan orang yang terkena batuk, sebab batuk bisa menyebar dan menular melalui udara.

Jika Anda berkendara ketika udara sedang panas  dan terik, ada baiknya Anda menggunakan masker karena debu yang bertebaran di jalan juga bisa menyebabkan penyakit batuk. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi es, apalagi jika es yang Anda minum mengandung pemanis buatan. Jika Anda sudah terserang penyakit batuk, maka segeralah minum obat pereda batuk sesuai dengan jenis batuk yang Anda alami, jika batuk Anda kering maka minumlah obat pereda batuk kering, jika batuk Anda berdahak, maka minumlah obat pereda batuk berdahak. Untuk mempercepat penyembuhan hindarilah sumber penyebab batuk diantaranya adalah es, polusi lalu orang yang terkena penyakit batuk.


Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini