Apple Gunakan Cara Unik Untuk Hemat Daya Baterai

Perang teknologi komunikasi memang tak bisa dianggap remeh. Begitu banyak perusahaan telekomunikasi yang berlomba-lomba melakukan inovasi terbaru. Bahkan beberapa di antaranya tak sungkan-sungkan mengadaptasi kecanggihan perusahaan lainnya. Kali ini, Iphone 6 yang hendak mengejar ketertinggalan dari kompetitornya Samsung. Iphone 6 yang menggebrak pasar Eropa beberapa minggu ini digadang-gadang hemat daya baterai.

Apple Gunakan Cara Unik Untuk Hemat Daya Baterai :: PortalBisnisBersama


Seperti yang kita ketahui, smartphone satu ini cukup boros baterai dalam pengoperasiannya. Tak ayal bila sering kita lihat pengguna Iphone harus membawa powerbank kemana-mana. Hal inilah ternyata yang coba dirubah oleh produsen Iphone, Apple. Pihak perusahaan sengaja menyiasatinya dengan cara yang cukup unik. Tim dari Chipworks menemukan fakta unik terkait peluncuran Iphone 6 dan Iphone 6 plus sendiri ke pasaran Internasional.

Demi memuaskan para pelanggan, pihak Apple ternyata sengaja memasang sensor accelerometer di dalamnya. Meskipun cukup mengejutkan, hal tersebut tetap dipandang pintar oleh beberapa pihak. Pasalnya seri terbaru ini memang menunjang siapapun untuk bermain game sepuasnya. Disinilah 2 sensor tersebut bekerja secara maksimal untuk menghemat daya baterai. Hanya saja hal tersebut ternyata masih kalah dari ketahanan baterai dari Samsung S5, kompetitornya.

Sekedar informasi, Iphone 6 dan Iphone 6 Plus menggunakan sensor accelerometer InvenSense (MPU-6700) dan Bosch (BMA280). Jika sebuah sensor accelerometer diperlukan untuk mengubah orientasi layar, tidak begitu halnya dengan pemasangan 2 sensor. Iphone 6 menggunakan sensor Bosch untuk mengubah tampilan User Interface (UI). Pihaknya mengklaim bahwa penggunaan sensor ini menghemat penggunaan baterai hingga ke titik terendah.

Nah, untuk sensor InvenSense sendiri digunakan dalam keperluan gaming. Pasalnya smartphone membutuhkan presisi sensor yang cukup tinggi. Sehingga sensor InvenSense akan lebih rakus dalam mengkonsumsi daya baterai. Anda pun bisa menikmati permainan dengan kualitas tinggi tanpa takut menyakitkan mata. Namun kelemahannya tetap sama, Anda harus berhati-hati dengan kehabisan baterai di tengah permainan. Jadi, jangan lupa untuk tetap mengisi daya baterai.

Perubahan sensor semacam ini akan mengurangi beban ketika smartphone digunakan dalam kondisi ringan. Sensor accelerometer akan berperan sangat penting dalam beberapa game, seperti balapan. Fitur ini akan membantu Anda mengubah tampilan layar dari vertikal menjadi horizontal. Tak hanya itu, Anda cukup memiringkan smartphone ketika ingin membelokkan mobil. Dengan begini, Anda tak secara langsung memegang layar telepon genggam.

Bagaimana, sudah terjawab belum pertanyaan Anda seputar sensor accelerometer dalam Iphone 6? Untuk membuktikannya, tak ada salahnya Anda menggunakan smartphone yang satu ini. Apakah benar mampu menghemat daya baterai Anda dan berbeda dari seri sebelumnya? Perlu pembuktian lebih lanjut untuk mengangkat reputasi Apple kembali di mata pesaingnya, Samsung. Karena hingga kini Samsung Galaxy S5 masih digadang-gadang jauh lebih hemat daya ketimbang Iphone.

Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini