Microsoft Windows Azure, Solusi Cloud Computing Masa Kini!

Sudah pernah dengar Microsoft Windows Azure? Pasti sudah kan. Nah, itu adalah platform cloud computing dan infrastruktur yang disediakan oleh Microsoft. Windows Azure seperti “cloud layer” yang mengatur berbagai server di datacenter Microsoft. Platform ini bisa digunakan untuk membuat, mengembangkan dan menjalankan berbagai aplikasi yang bisa berjalan di datacenter Microsoft. Microsoft Windows Azure, Solusi Cloud Computing Masa Kini!


Microsoft Windows Azure, Solusi Cloud Computing Masa Kini! :: Portal Bisnis Bersama

Ada begitu banyak layanan yang disediakan dalam Microsoft Windows Azure ini, berikut adalah beberapa layanan yang disediakan :

Web Hosting Windows Azure

Pernah menggunakan hosting untuk websitemu? Berapa spacenya? Berapa bandwidthnya? Nah, kalau kamu menggunakan web hosting dari layanan infrastruktur Microsoft Windows Azure ini, Spesifikasi untuk hostingmu dapat kamu konfigurasi sesuka hati. Bahkan kamu langsung mendapatkan subdomain dari azurewebsite. Contohnya seperti yang pernah saya coba buat, yaitu furqan-msdn . Itu hanya saya gunakan untuk mengetes web hostingnya Windows Azure, jadi saya menggunakan template yang sudah ada, hanya mengubah kata - katanya dan ada sedikit tambahan javascript.

Virtual Machine Windows Azure

Bingung dengan istilah Virtual Machine? Kalau VPS pasti pernah dengar dong? Nah itulah dia. Meskipun dengan subscription saya di Windows Azure yang sekarang, yaitu DreamSpark tidak tersedia layanan ini, Tetapi saya sudah pernah mencoba dan melihat pada subscription teman saya yaitu BizSpark yang menyediakan layanan ini. Kamu bisa memilih sendiri Sistem Operasi yang kamu inginkan, apakah windows server, ubuntu, dsb.

Cloud Service Windows Azure

Nah kalau ini, sama seperti namanya, yaitu berhubungan dengan cloud. Kamu bisa membuat dan menjalankan berbagai aplikasi dengan teknologi Cloud. Tetapi untuk lengkapnya, yang ini belum pernah saya coba, jadi tidak terlalu dimengerti.

Mobile Service

Layanan ini berhubungan dengan pengembangan aplikasi mobile. Nah cocok ini untuk kamu para Mobile Developer. Saya sendiri berencana untuk mencoba layanan ini dan ingin memindahkan web service dari aplikasi Kamus Biologi Android yang saya kembangkan ke layanan yang disediakan oleh Microsoft Windows Azure ini.

Pada dasarnya, ada banyak sekali layanan yang diberikan oleh Windows Azure, tetapi tidak mungkin kita sebutkan semuanya disini. Nah bagi anda yang masih penasaran, bisa langsung melihat dan mengetahui lebih banyak melalui halaman utama Microsoft Windows Azure. Bagi yang sudah menjadi pengguna, bisa langsung menuju Portal Microsoft Windows Azure dan mulailah berkreasi sesuka hati anda.

Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini