Keamanan Dunia Cloud Computing - Microsoft Virtual Academy

Terkadang keamanan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam setiap aspek kehidupan. Baik dalam dunia nyata maupun dalam dunia virtual. Saat ini, sedang berkembang sebuah teknologi yang sangat membantu setiap orang dalam menyimpan data di dunia virtual. Teknologi tersebut kita kenal dengan Cloud. Ada sangat banyak fasilitas Cloud, salah satunya adalah Cloud Service milik Microsoft Windows Azure. Tentu saja keamanan menjadi persoalan utama yang harus kita perhatikan, apalagi Keamanan Dunia Cloud Computing.

Berikut adalah beberapa hal yang saya simpulkan dari sebuah kursus yang disediakan oleh microsoft mengenai Keamanan di Dunia Berbasis Cloud :

Melindungi Data

Sangat penting bagi kita para pengguna layanan Cloud untuk mengetahui bagaimana sistem yang digunakan oleh penyedia untuk melindungi data kita. Dengan metode apa mereka melakukan perlindungan terhadap data. Begitu juga dengan letak dari mesin yang menyimpan data tersebut, biasanya di satu tempat terdapat banyak mesin sekaligus, tempat tersebut sering kita kenal dengan istilah Data Center. Kita harus memastikan bahwa Data Center penyedia cloud kita sudah tersertifikasi/teraudit, misalnya sumber daya listrik yang digunakan 3 lapis, berada di lokasi yang jarang dan memiliki potensi kecil terkena bencana alam, dll.

Hak Akses Data

Hal kedua yang perlu kita perhatikan dalam penggunaan Cloud Computing adalah hak akses dari sebuah data. Kita harus mengetahui sistem pemberian hak akses terhadap sebuah data pada layanan cloud yang kita gunakan. Anda pernah menggunakan Linux? Jika pernah, anda pasti tahu perintah chmod yang berhubungan dengan pengaturan hak akses data. Nah inilah yang harus diperhatikan. Coba anda bayangkan, jika ada orang luar yang tidak anda kenal bisa melihat data pribadi perusahaan anda atau misalkan karyawan anda bisa mengubah data yang seharusnya hanya anda ketahui. Tentu itu akan menimbulkan masalah bukan? Itulah kenapa pengaturan hak akses terhadap suatu data menjadi penting untuk diperhatikan.

Penyesuaian

Saat ini ada beberapa lembaga yang mengatur tentang standar keamanan dari suatu data dalam dunia virtual. Nah anda harus memperhatikan apakah penyedia cloud anda sesuai dengan aturan tersebut, dan apakah perusahaan penyedia tersebut dapat menyesuaikan keamanannya ketika sewaktu - waktu terjadi perubahan?

Pengaturan Resource Sharing

Pada kebanyakan penyedia cloud, biasanya dalam sebuah mesin server digunakan oleh banyak penlanggan sekaligus. Mengingat jika ada 10 pelanggan, setiap pelanggan menggunakan 5 GB resource disk, sepertinya akan sangat boros jika perusahaan tersebut menyediakan 10 mesin dengan space 5 GB, Nah untuk mengatasi itu, biasanya penyedia akan menggunakan 1 mesin, misalnya 2 TB, di dalam mesin tersebut barulah di bagi - bagi untuk setiap pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena hal itu, anda harus memperhatikan bagaimana pengaturan pembagian resource yang ditetapkan oleh penyedia cloud yang anda gunakan, apakah jika ada pelanggan lain yang melakukan suatu hal, akan berpengaruh terhadap data anda?

Mungkin ada banyak hal penting lainnya yang bisa anda dapatkan jika anda melihat video di Microsoft Virtual Academy yang linknya telah ada di atas. Silahkan dilihat langsung. Bagusnya lagi, jika anda login, maka setelah menyelesaikan kursus, anda akan mendapat sertifikat untuk kursus yang telah anda selesaikan.

Sertifikat Keamanan di Dunia Cloud Muhammad Furqan :: Portal Bisnis Bersama

Tunggu apalagi? Ikuti langsung kursus yang disediakan oleh Microsoft Virtual Academy. Ketahui juga tentang Microsoft Windows Azure, Solusi Cloud Computing Masa Kini!


Share on Google Plus

About Muhammad Furqan

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini