Trend Bisnis Online Shop


oleh : Portal Bisnis bersama

Di dunia yang serba modern ini, berkembangnya teknologi memunculkan ide baru dalam bidang transaksi jual beli. Saat ini Anda tidak perlu lagi mengunjungi secara langsung, toko demi toko untuk mencari barang-barang yang Anda inginkan. Sebaliknya, sebagai konsumen Anda hanya perlu duduk di depan gadget Anda yang menyambung ke saluran internet untuk menjelajahi situs-situs yang menawarkan kemudahan belanja secara online. Sekarang mari kita lihat fenomena online shop ini melalui sudut pandang sang produsen. Sistem belanja online ini tidak hanya memudahkan konsumen, tetapi juga kepraktisan bagi sang produsen. Dalam hal ini, produsen tidak perlu menyewa lahan untuk membuka usahanya, produsen juga tidak harus menghabiskan waktunya merenung di tokonya untuk menanti datangnya pembeli. Sebaliknya, dengan bisnis online shop, produsen hanya membutuhkan modal gadget beserta internet, berbagai akun media sosial untuk sarana marketing, serta rekening di bank untuk sarana transaksi. Produsen dapat menjalankan bisnisnya dimana saja dengan fleksibel dan tanpa menghabiskan banyak waktu.

Trend Bisnis Online Shop
Oleh karena itu lah kemudian bisnis online shop menjadi pilihan bisnis yang sedang ngetrend saat ini. Kelonggaran aktivitas kerja membuat bisnis ini banyak dilirik untuk dijadikan usaha sambilan. Memang beberapa orang memilih untuk mendedikasikan diri fokus pada bisnis online shop, namun sebagian besar lainnya dari mayoritas pengusaha bisnis ini ialah ibu rumah tangga, mahasiswa dan pelajar, atau bahkan pekerja kantoran yang berusaha mendapatkan gaji tambahan. Pada bidang bisnis ini, tidak ada komunikasi langsung menjadi suatu kendala dimana pembeli dan penjual lebih sulit untuk menaruh kepercayaan satu dengan lainnya. Oleh karena itu, kunci dan dasar keberhasilan dari bisnis online shop ialah kemampuan sang penjual untuk mempertahankan kepercayaan konsumen dan menjaga konsistensi performa. Ketika Anda berhasil memuaskan pelanggan, tidak hanya terdapat kemungkinan bahwa pelanggan tersebut untuk kembali bertransaksi lagi dengan Anda. Pelanggan juga bertendensi untuk mempromosikan jasa dan produk dari bisnis online shop Anda, sehingga Anda akan dapat memperluas jaringan konsumen Anda. Sebaliknya, apabila secara produk dan jasa yang Anda tawarkan pada bisnis Anda telah mengecewakan pelanggan, maka jangan berharap bisnis Anda akan berkembang ke arah yang menguntungkan.

Bisnis online shop ini memang susah-susah-gampang. Bagi Anda yang ingin memulai usaha di bidang ini, pastikan Anda memiliki prioritas-prioritas utama dalam operasionalnya. Hal yang penting diperhatikan adalah kecepatan dan ketepatan pengiriman barang. Jangan sampai Anda membiarkan konsumen Anda menunggu lama akan kehadiran barang pesanannya, terlebih lagi sampai pelanggan Anda kecewa karena Anda salah mengirimkan pesanan. Anda juga harus memastikan adanya akurasi dalam pemberian informasi. Jangan sampai pelanggan kecewa karena barang yang diterima ternyata sangat jauh berbeda dengan benda yang dilihat gambarnya. Dalam hal ini selain pemberian gambar yang senyata-nyatanya, penjabaran detail info mengenai bahan, warna, ukuran dll perlu diinformasikan kepada pelanggan sejak awal. Hal yang tak kalah pentingnya ialah kemudahan akses dan transaksi. Sebagian pengusaha online shop sangat khawatir terhadap ancaman penipuan sehingga memperketat proses transaksi. Padahal, mekanisme yang ribet justru akan membuat pelanggannya malas berbelanja. Dengan memperhatikan info tersebut, semoga Anda sudah siap untuk menjajaki bisnis online shop.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini