Tips Merawat Kepercayaan Konsumen Dalam Bisnis Online

Keberlangsungan bisnis sangat ditentukan dengan hadirnya para pelanggan setia. Oleh karenanya Anda harus lihai dalam merawat kepercayaan mereka, sehingga tetap memakai produk bisnis Anda. Pelayanan terbaik harus selalu bisa diberikan kepada setiap konsumen. Meskipun secara fisik tidak bisa melihat langsung. Tapi ada berbagai cara yang bisa diterapkan, agar setiap konsumen selalu merasa diperhatikan dan dilayani dengan baik.

Mudah untuk dihubungi

Tips Merawat Kepercayaan Konsumen Dalam Bisnis Online
Karena konsumen tidak bisa datang langsung, maka konsumen harus bisa menghubungi Anda dengan berbagai macam media, seperti SMS, telepon, email, BBM, chating dan sarana komunikasi lainnya.  Jika konsumen menghubungi anda berarti mereka adalah calon pelanggan potensial yang tidak boleh merasa kecewa atau tidak puas. Berikan pelayanan yang ramah apabila mereka menelepon, meskipun belum memutuskan untuk membeli. Jika mereka mengirim email, SMS dan sebagainya, Anda harus cepat dalam membalasnya. Karena tentunya mereka menginginkan respon cepat dari Anda.

Menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan konsumen

Kesuksesan bisnis sebenarnya dengan mengetahui segala yang dibutuhkan dan diinginkan setiap konsumen. Anda harus mampu menghadirkan beragam informasi yang dibutuhkan para pelanggan setia. Karena biasanya saat berkunjung ke toko online Anda, biasanya mereka tidak hanya ingin melihat produk yang ditawarkan saja. Tapi juga berbagai informasi menarik yang diposting di toko online tersebut. Informasi itu bisa berupa tips seputar produk, misalkan Anda berjualan sepatu maka bisa membagikan tips memilih sepatu yang cocok sesuai dengan postur tubuh, warna kulit dan sebagainya.

Mencantumkan testimonial konsumen

Testimonial atas pengguna produk bisnis Anda sangat penting guna meyakinkan dan meningkatkan kepercayaan pada sebuah produk. Semakin banyak konsumen yang merasa puas dengan layanan dan produk yang ditawarkan, maka semakin banyak orang yang terpikat dengan produk yang disajikan. Dari testimonial ini  anda juga bisa memahami keluhan, kekurangan dan kelebihan produk. Yang tentunya juga sangat berguna bagi calon konsumen bisnis Anda.

Menunjukkan kalau Anda sangat peduli dengan konsumen

Setelah konsumen memakai produk bisa menanyakan mengenai pengalaman konsumen selama memakai produk tersebut. Sehingga Anda bisa mendapatkan informasi mengenai produk tersebut, sekaligus menunjukkan sikap peduli pada pelanggan. Berikan diskon khusus saat mereka berulang tahun atau mengundang mereka dalam berbagai acara istimewa yang diselenggarakan perusahaan Anda, juga bisa menjadi cara yang baik untuk menunjukkan kepedulian terhadap konsumen.

Anda juga bisa menggelar poling sederhana untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Sehingga dengan cara ini, Anda bisa memperbaiki segala pelayanan dan produk bisnis, bila ditemukan banyak kekurangan atau keluhan. Jika sebagian besar merasa puas, maka harus senantiasa meningkatkan pelayanan dan kualitas produk. Sehingga produk bisnis Anda tidak kalah dan tetap bisa bersaing dengan produk pesaing.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini