Tanamkan Jiwa Bisnis Sejak Dini, Meningkatkan Kemandirian Si Kecil


Oleh : Portal Bisnis Bersama


Anak adalah harta terindah yang dimiliki oleh orang tua. Semua orang tua pasti selalu berusaha membahagiakan sang anak bagaimanapun caranya. Cara-cara tersebut terkadang ada yang benar namun terkadang ada yang salah. Dianggap salah jika ternyata apa yang dilakukan orang tua membawa dampak buruk pada si kecil misalnya sang anak menjadi terlalu manja sehingga tidak mampu untuk mandiri. Kebiasaan seperti itu nantinya akan terus tercetak hingga sang anak dewasa, dimana anak terlalu berpangku tangan dan hanya mengharapkan pemberian orang tua. Tentunya hal-hal seperti itu bukanlah yang diharapkan oleh orang tua walau sebesar apapun kasih sayangnya.
Tanamkan Jiwa Bisnis Sejak Dini, Meningkatkan Kemandirian Si KecilBanyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk menumbuhkan sikap mandiri pada diri si kecil agar kelak ketika dewasa si kecil dapat menjadi generasi yang kreatif, inovatif dan cerdas. Salah satunya adalah dengan menanamkan jiwa bisnis sejak dini pada si kecil. Jiwa bisnis disini tidak harus membuat si anak menjadi penjual sejak kecil atau harus membantu orang tua berwira usaha, tetapi cukup menanamkan sikap-sikap positif yang dimiliki oleh seorang pembisnis atau pengusaha. Berukut adalah beberapa sikap-sikap pembisnis yang dapat ditanamkan kepada anak sekaligus efek positifnya.



Berani Mengambil Keputusan
Sikap yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah sikap dimana harus berani mengambil keputusan bagaimanapun situasi dan kondisi yang terjadi. Sepele tapi pasti, sebagai orang tua sangat diharapkan untuk sudah memberikan kepercayaan kepada putranya sejak kecil termasuk dalam mengambil keputusan. Misalnya, ketika si kecil sudah mampu memilih sendiri makanan yang ingin dia makan, biarlah si kecil memilih sendiri apa yang ingin dia santap. Ketika makanan yang dipilih itu tidak baik untuk kondisinya, jangan terburu melarang dan menentukan keputusan Anda sendiri. jelaskan kepada si kecil tentang keuntungan dan kerugian kalau dia memilih makanan yang ia pilih. Anak yang diajarkan berani mengambil keputusan sejak dini, ketika dewasa akan menjadi anak yang tegas dalam mengambil keputusan.
Mampu Melihat Peluang
Seorang pebisnis sangat penting memiliki keahlian melihat peluang yang ada disekitarnya untuk mengembangkan usahanya. Ketika anak Anda melihat teman-temangnya sedang kecanduan produk permen baru dan anak Anda juga turut kecanduan, coba diskusikan bagaimana jika Anda bersedia membeli permen itu dalam jumlah banyak tetapi bukan untuk dia, melainkan untuk dijual ke teman-teman bermainnya dan janjikan jika uangnya terkumpul boleh digunakan untuk membeli apapun yang dia mau. Dengan begitu, anak Anda akan belajar berusaha dan membuat dia belajar melihat peluang lainnya untuk dia. Selain dapat mengurangi kebiasaan jajannya juga dapat mengajari anak untuk berbisnis sejak kecil bukan?
Sebagai orang tua, ada baiknya jika kita menumbuhkan sikap berani berbisnis kepada anak sejak kecil. Karena hal itu membuat dia akan selalu mencari cara berusaha sendiri ketika dewasa dan tidak berpangku tangan pada orang tua.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini