Tambak Udang, Lahan Bisnis Negara Maritim


oleh : Portal Bisnis bersama



Sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi laut dan pantai yang cukup besar, Indonesia menawarkan pada warga negaranya lahan strategis yang memiliki potensi untuk dijadikan lahan meraup nafkah. Bisnis tambak udang dapat dikatakan sebagai salah satu usaha yang menguntungkan untuk dicoba. Bisnis ini tidak hanya terbuka bagi penduduk-penduduk yang tinggal di daerah pesisir pantai, tetapi juga penduduk non-pesisir yang memiliki keinginan untuk menaruh investasi ke bidang agribisnis ini. Untuk potensi pasar tidak perlu dikhawatirkan lagi! Pasalnya, saat ini sudah banyak restauran serta rumah makan yang menawarkan makanan-makanan laut, termasuk udang. Permintaan terhadap pasokan udang sendiri tidak hanya datang dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Dengan demikian, berbisnis tambak udang tidak hanya menguntungkan Anda sebagai pengusaha tetapi juga membantu menambah devisa negara melalui kegiatan ekspornya.

Tambak Udang, Lahan Bisnis Negara Maritim
tambak udang
Beberapa hal teknis perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin memulai bisnis tambak udang. Faktor yang paling vital ialah lokasi, dimana diperlukan daerah pantai dengan tanah bertekstur liat atau liat berpasir untuk membudidayakan udang. Kriteria tersebut disyaratkan agar lokasi tambak udang nantinya mudah dipadatkan sehingga tidak mudah pecah dan kuat menahan air. Air dari tambak sendiri juga sebaiknya merupakan air payau dengan salinitas 0-33 ppt dan suhunya antara 26-200 celcius. Air dalam hal ini juga sebaiknya bebas dari pencemaran zat-zat berbahaya. Tambak juga seharusnya memiliki saluran air masuk dan keluar yang terpisah dan memiliki akses terhadap aliran listrik, baik dari PLN maupun generator. Anda juga harus memastikan bahwa lokasi tambak tersebut mudah dijangkau, dalam artian tidak akan menyulitkan Anda untuk memperoleh sarana produksi seperti benur, pakan, pupuk dan juga obat-obatan.

Setelah memastikan hal-hal teknis tersebut terpenuhi, selanjutnya Anda tinggal memilih tipe tambak apa yang akan Anda jalankan. Untuk biaya murah dan pengelolaan lebih sederhana, anda bisa memilih bisnis tambak ekstensif yang petakannya diletakkan di lahan pasang surut dengan ukuran dan bentuk tidak teratur. Anda bisa juga memilih bisnis tambak udang semi intensif yang lokasinya sudah menggunakan lahan terbuka. Petakannya yang digunakan pada tipe budidaya ini sudah teratur, tetapi masih berupa petakan yang luas. Selanjutnya, apabila Anda ingin memulai bisnis tambak udang secara lebih masif, Anda dapat memilih bisnis tambak intensif dimana Anda butuh lokasi khusus yang luas dan juga disertai kincir untuk lahan usaha Anda. Petakan yang Anda gunakan haruslah kecil untuk lebih efisien operasionalnya serta proses monitoring udangnya. Selanjutnya, untuk pengelolaan lahan tambak dan cara memperoleh hasil panen yang memuaskan, Anda tidak perlu ragu atau malu untuk berkonsultasi langsung dengan nelayan-nelayan tambak asli di pinggir pantai atau pun ahli di bidang perikanan. Pasalnya, dengan bantuan para ahli tersebut, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk memaksimalkan keuntungan dari bisnis tersebut.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini