Safeguard untuk Keamanan Flashdisk

Safeguart Untuk Keamanan Flashdisk

oleh : Portal Bisnis Bersama



Penyimpan Data Flasdisk

Flashdisk adalah penyimpan data portable yang belakangan ini sangat diminati. Bentuknya memang kecil juga mudah dibawa kemana-mana, namun kapasitasnya yang besar dalam menyimpan data membuat benda kecil ini menjadi primadona dikalangan para pemburu data. Selain itu kemampuannya menyimpan data setara dengan hard disk membuat flashdisk mengalami lonjakan permintaan.

Namun dibalik keunggulan yang dimiliki flashdisk tersimpan bahaya yang mengancam eksistensi flashdisk. Karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana membuat penyimpan data mungil ini rentan hilang atau diambil orang tanpa kita sadari. Jika flashdisk ini tidak memiliki data penting di dalamnya, kehilangan flashdisik tentu bukanlah perkara yang besar. Hilang satu kita bisa membelinya lagi satu sebagai ganti. Namun jika flashdisk ini berisi informasi rahasia dan pribadi kita, maka kita layak bersedih jika kehilangan flashdisk. Belum lagi risiko data tersebut disalah gunakan orang lain. Kehilangan falshdisk ibarat musibah yang besar. Karena itu perlu memberikan perlindungan yang tidak bisa ditembus untuk keamanan data dalam flashdisk kita.

Menjaga Kerahasiaan Flashdisk

Ada banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas perlindungan data pada flashdisk kita. Perlindungan ini mencegah data kita dibuka atau diketahui orang lain saat flashdisk tidak lagi berada ditangan kita (hilang). Salah satu aplikasi penjaga data pada flashdisk kita adalah Safeguard.

Safeguard ini memiliki beberapa fasilitas yang tujuan utamanya adalah melindungi data-data pribadi milik kita agar tidak dibuka oleh orang lain. Jika kita telah memiliki aplikasi Safeguard saatnya mengaktifkan Safeguard pad flashdisk kita. Dengan Safeguard kita dapat memberikan password pada flashdisk. Dan yang paling mengesankan dari Safeguard ini adalah, jika kita hanya ingin melindungi sebagian data pada flasdisk dapat dilakukan dengan melakukan enkripsi pada folder yang kita inginkan.

Selain fitur-fitur penjagaan data tersebut, Safeguard juga memiliki fasilitas keyboard virtual. Keyboard virtual ini digunakan saat kita ingin menggunakan komputer lain dan takut terancam dengan keylogger yang ada di dalamnya sehingga password rahasia kita dapat diketahui. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Safeguard menyediakan fsilitas keyboard virtual.

Berkas-berkas yang ada dalam flashdisk kita memang hanyalah sebuah berkas tidak berwujud. Namun karena itu adalah hasil kerja keras kita, tentu kita harus menghargainya. Cara menghargai berkas-berkas tersebut adalah dengan menyimpan berkas tersebut dengan baik. Jika dirasa berkas tersebut adalah rahasia dan tidak boleh diketahui orang lain, maka jaga berkas tersebut dengan hati-hati bila perlu lakukan proteksi dua kali lipat untu berkas rahasia tersebut. Berkas rahasia yang sudah tida dipakai atau diperlukan lagi, jangan selalu disimpan dalam flashdisk karena akan membuat kapasitas flashdisk banyak berkurang. Lakukan penghapusan pada data yang sekiranya tidak dipakai atau diperlukan lagi. Dengan demikian data-data kita terjaga kerahasiaannya dari orang lain.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini