Robot Yang Mampu Menemani Manusia

Robot Yang Mampu Menemani Manusia

oleh : Portal Bisnis Bersama



Dari cerita fiksi menjadi kenyataan

Siapa yang tidak tahu dengan istilah robot pada awalnya robot hanya sebuah pemikiran dan cerita fiksi bagi manusia yang merupakan sebuah mesin yang mempunyai bentuk manusia dan dapat bekerja layaknya manusia. Zaman sekerang adalah di mana masa itu akan menjadi kenyataan saat ini sudah banyak sekali jenis robot dengan berbagai fungsi yang mampu diciptakan oleh manusia.

Daftar nama robot yang berguna bagi umat manusia

Dalam perkembangan teknologi masa kini sudah banyak sekali robot yang diciptakanoleh manusia dengan beberapa kemampuan dan tuju yang berbeda-beda berikut adalah berbagai daftar robot yang yang fenomenal di seluruh dunia:

1.     Asimo

Robot Asimo adalah salah satu robot yang terkenal di buat oleh Honda para ilmuwan sendiri berhasil membuat robot tersebut dan menjelaskan bahwa robot tersebut memiliki gerakan yang halus, tidak kaku  memungkinkan untuk robot ini untuk membantu pekerjaan para manusia. Asimo sendiri dapat di perintah menggunakan komputer nirkabel atau perintah suara. Asimo berbentuk seperti astronot mempunyai tinggi 130cm dan membawa seperti tas, tas tersebut adalah baterai ion sumber tenaga Asimo.

2.     T-52 Enryu

Robot ini diperkenalkan di Jepang pada tahun 2004. Robot tersebut merupakan buatan ilmuwan Jepang yang bertujuan untuk membantu menolong korban saat ada bencana alam seperti gempa. Enryu sendiri tidak berbetuk manusia. Namun enryu memiliki lengan robot yang sangat kuat mampu untuk mengangkat barang dengan beban 500kg.

3.     Da Vinci Surgical System

Robot Da Vinci Surgical System diperkenalkan pada dunia pada tahun 1999. Robot ini mempunyai banyak lengan dengan robot ini sangat berarti bagi kesehatan seluruh dunia. Robot ini di fungsikan untuk membantu para dokter dalam operasi. Dulunya dokter bedah mengoperasi pasiennya dengan berdiri secara berjam-jam namun dengan robot ini dokter dapat melakukan operasi dengan duduk dengan menghadap komputer untuk mengoperasika robot ini. Lengan robot ini dapat untuk mengikuti gerakan tangan manusia, dengan dilengkapi instrumen mikro dan robot ini bekerja lebih cermat bahkan bisa membantu dokter bedah untuk operasi kanker.

4.     Robonaut 2

Robonaut 2 adalah sebuah robot yang dibuat oleh badan antariksa NASA Amerika Serikat, Fungsi robot ini tentu di peruntukan untuk kepetingan para astronot dengan robot ini astronot akan di bantu oleh robot ini dan di temani oleh robot tersebut saat berada pada pesawat ruang angkasa ataupun di satelit buatan.

5.     Care O Bot III

Care O Bot III merupakan robot buatan dari institut Frauenhofer di Stuggart. Robot ini ditujukan untuk membantu pekerjaan rumah tangga seperti mengambilkan air untuk manusia. Selain itu robot ini adalah generasi ke 3 hasil perkembangan selama 12 tahun. Di tujukan nantinya untuk membantu di panti jompo.

Baca Juga : Mengenal Google Glass

Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini