Relaksasi: Solusi Kecantikan Tubuh dan Jiwa

Relaksasi: Solusi Kecantikan Tubuh dan Jiwa


oleh : Portal Bisnis Bersama



Di zaman modern seperti ini, banyak pekerjaan yang menuntut konsentrasi dan pikiran. Tuntutan dari segala macam target ini tentunya membuat kita melakukan banyak aktivitas tubuh dan pikiran. Berbagai aktivitas kerja yang dilakukan ini disadari atau tidak dapat memicu timbulnya stress. Kita tahu bahwa stress yang berlebih berpotensi memicu berbagai macam penyakit, baik yang ringan hingga yang berat. 

Begitu halnya dengan kecantikan. Stress memiliki pengaruh sangat besar pada kecantikan, terutama kesehatan kulit. Karena kesehatan kulit dapat dilihat secara langsung. Itupun masih merupakan pertanda stress yang belum terlalu berat. Bayangkan jika kita mengalami stress berat. Penyakit-penyakit yang lebih berbahaya akan datang menghantui kita. Maka, pencegahan stress sangat penting dilakukan sejak dini. Salah satu cara yang tepat adalah dengan relaksasi. 






Relaksasi memiliki banyak cara. Beberapa alternatif relaksasi yang dapat kita lakukan antara lain:
  • Bernapas dalam-dalam. Caranya dengan menarik napas panjang, tenangkan pikiran, kemudian hembuskan napas dari mulut secara perlahan. Fokuskan pikiran pada aliran napas. Dalam kondisi ini, yang digunakan adalah perut dan bahu. Lakukan sebanyak 10-15 kali.
  • Membayangkan sesuatu yang rileks. Berguna untuk mengalihkan pikiran kita dari tekanan. Pikirkan saja sesuatu yang tenang, seperti pemandangan alam, pantai, tempat liburan favorit, dll.
  •  Meditasi. Tidak harus duduk bersila, memejamkan mata, dan melafalkan mantra. Meditasi dapat berarti pengalihan perhatian untuk melepas stress. Milsanya, dengan berjalan, berenang, dan melakukan aktivitas kesukaan kita. Dapat dilakukan dalam 5-10 menit hingga tingkat stress menurun.
  • Beristirahat sejenak. Kadang, kita merasa tertekan dan emosi memuncak karena sebuah situasi. Berhentilah sejenak dari aktivitas yang dilakukan. Cari tempat tenang untuk duduk atau berbaring. Kita bisa melakukan relaksasi dengan pernapasan selama beberapa menit.
  • Memijat diri sendiri. Pijatan ringan dapat dilakukan mulai dari leher dan bahu hingga menjadi rileks. Kemudian, turun ke bagian lengan dari siku hingga jari. Pijat menggunakan tangan dan jari-jari. Karena pijatan ini dapat mengurangi ketegangan tubuh dan pikiran.
  • Meminum teh hangat dipercaya dapat mengurangi stress. Karena pada teh dapat menurunkan hormon kortisol yang menyebabkan stress dalam tubuh.
  • Mendengarkan musik dapat membantu menciptakan efek tenang pada pikiran. Tentunya dengan musik-musik dengan tempo ringan. Karena musik dapat memberikan efek tenang setara dengan 10mg valium.
  • Menggunakan aromaterapi. Bau yang masuk ke hidung dari aromaterapi dapat mempengaruhi emosi, mempengaruhi sistem limbik, pusat memori, dan suasana hati. Setiap aromaterapi memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Misalnya, lavender dapat menyeimbangkan tubuh dan pikiran, cendana dapat mengurangi depresi, greentea dapat menambah semangat dan menyegarkan pikiran, dll. Gunakan aromaterapi di waktu relaksasi Anda.
Cara-cara sederhana tersebut dapat membantu kita melepas stress. Karena jiwa yang sehat akan mempengaruhi tubuh yang sehat. Begitu juga dengan kecantikan. Kecantikan tubuh akan semakin terpancar dengan kecantikan jiwa. 

Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini