Mengenal Penyebab Mimisan Dan Cara Mengobatinya

Mimisan adalah suatu penyakit yang sering kita dengar atau bahkan sering kita lihat. Mimisan ditandai dengan keluarnya cairan darah merah melalui hidung. Mimisan ini tidak hanya menyerang kaum ibu-ibu dan dewasa saja, namun mimisan juga kerap menimpa anak-anak. Mimisan dalam istilah kedokteran disebut dengan epistaksin. Mimisan bisa terjadi karena mukosa terlepas, di dalam mukosa terdapat pembuluh darah kecil. Banyak orang yang belum tahu, apa yang menyebabkan seseorang terkena mimisan. Berikut ini ada beberapa penyebab dari mimisan :

1.   Cuaca Panas

Ketika cuaca panas, kadar kelembaban udara pun berkurang, karena kelembaban berkurang, maka akan terjadi bagian dari sentrum yang mulai mengering. Karena kondisi tersebut, terjadilah iritasi dan pendarahan yang keluar.

2.   Tumor

Jika kita mendengar tumor tentu pikiran kita akan tertuju ke sesuatu yang berbahaya. Tumor yang berbahaya adalah tumor yang bersifat ganas. Yang bisa menyebabkan mimisan adalah tumor yang ada di dalam rongga hidung, tumor ini bisa disebut dengan angiofibroma. Tumor yang bisa menyebabkan mimisan biasanya akan ditemui pada anak dengan usia yang masih muda, dewasa, anak muda dan tumor itu sering menampakkan diri. Tumor itu terlihat sebesar biji nangka dan warnanya adalah merah keputihan di bagian hidungnya.

3.   Kondisis Khusus Seperti Demam Berdarah

Saat keadaan mengalami infeksi sistematik seperti saat kondisis demam berdarah, anak juga dapat mengalami untuk terkena mimisan.  Dalam kondisi demam berdarah, saat hidung anak mengalami pendarahan atau berdarah-darah hal ini menandakan bahwa demam berdarah yang dialami sudah dalam tahap yang berbahaya.Oleh sebab itu anak harus segera mendapatakan perawatan intensif dari tenaga medis. Pada saat seseorang terkena demam berdarah, tidak hanya hidung saja yang mengalami pendarahan, namun juga diikuti oleh organ lain. Mimisan karena demam berdarah dapat dibedakan dari penyebab mimisan yang lain. Tingkat bahaya dari mimisan bisa dikenali dari penyebab mimisan itu, jika mimisan dikarenakan oleh demam berdarah merupakan mimisan yang sangat berbahaya karena demam berdarah sudah memasuki tingkat atau stadium lanjut.

Setelah mengetahui penyebab mimisan, mari kita cari tahu bagaimana cara menyembuhkan dan mengobati mimisan.Mengobati mimisan bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

1.   Dudukkan penderita yang mengalami mimisan, hal ini dilakukan agar posisi hidung letaknya lebih tinggi dari letak jantung. Yang tidak boleh dilakukan adalah menyuruh penderita agar tidur dengan posisi telentang, karena aliran darah yang menuju hidung semakin deras dan darah bisa tertekan ke bagian kepala belakang.

2.   Bungkukkan badan penderita ke depan, dan berikan instruksi agar dia melakukan pernafasan melalui mulut.

3.   Tekanlah cuping di bagian hidung, tekan selama lima menit lamanya.

4.   Hidung dikompres menggunakan es hal ini dilakukan agar pendarahan di hidung berhenti dan menggumpal.

Baca Juga : Manfaat Bunga Dandelion

Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini