Pentingnya Mengubungi Dokter Sebelum Menikah

Pentingnya Menghubungi Dokter Sebelum Menikah

oleh : Portal Bisnis Bersama



Menikah adalah impian setiap pasangan muda di dunia. Bukan hanya pasangan muda, bahkan seseorang yang sudah pernah menikah sebelumnya akan tetap antusian jika harus menjalani pernikahan untuk yang kedua kalinya. Pernikahan adalah menyatukan dua individu dan kepribadian yang berbeda. Dan pastinya tak semua perbedaan yang ada diketahui oleh pasangan masing-masing termasuk perbedaan status kesehatan. Seseorang mungkin tampak sehat dari luar, tetapi siapa yang sangka bahwa ternyata ada masalah kesehatan yang malah tak disadari oleh orang itu sendiri.

Angka perceraian di indonesia termasuk dalam golongan tinggi, tentunya Anda sudah melihat betapa banyak artis-artis yang kawin cerai tanpa kita tahu apa penyebabnya. Perceraian di dunia dan indonesia khususnya memang disebabkan oleh banyak faktor akan tetapi ada satu faktor yang cukup menjadi faktor utama sebuah perceraian yakni masalah kesehatan. Misalnya jika istri tak kunjung memberikan keturunan hingga salah satu pasangan yang ternyata menderita penyakit keturunan atau penyakit menular.

Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah

Hal yang saya jelaskan diatas sebenarnya menggambarkan betapa pentingnya Anda menghubungi dokter sebelum hari pernikahan Anda ditetapkan untuk melakukan cek atau pemeriksaan kesehatan pra nikah. Pemeriksaan kesehatan pra nikah sebaiknya dilakukan kedua pasangan tanpa ada rahasia yang ditutupi dan dilakukan sekurang-kurangnya 6 bulan sebelum hari pernikahan. Di indonesia sendiri memang belum begitu umum pemeriksaan kesehatan pra nikah. Walaupun begitu seharusnya ada kesadaran dari setiap pasangan untuk mencegah masalah yang mungkin terjadi setelah pernikahan.

Jenis Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah

Beberapa pemeriksaan kesehatan yang harus dijalani sebelum menikah pada dasarnya sama dengan medical chek up yang biasa dilakukan masyarakat seperti pemeriksaan fisik, cek darah lengkap hingga cek alergi. Akan tetapi ada beberapa pemeriksaan khusus yang memang harus dijalani seperti pemeriksaan golongan darah pada wanita. Hal ini dikarenakan akan timbul beberapa masalah pada janin yang dikandung wanita tersebut nantinya jika wanita tersebut memiliki golongan darah O dan si janin memiliki golongan darah yang berbeda. Bisa juga terjadi resiko kematian janin jika rhesus janin berbeda dengan rhesus si ibu. Jika hal-hal tersebut sudah diketahui sejak dini, maka edukasi dan penyelesaian juka dapat dipersiapkan oleh pasangan.

Selain pemeriksaan golongan darah juga ada pemeriksaan mengenai sistem reproduksi untuk pria dan wanita, pemberoian imunisasi atau vaksinasi sebelum pernikaha, pengecekan adanya penyakit keturuna dan pengecekan adanya resiko memiliki penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus seperti toxo dan yang lainnya. Tak perlu khawatir jika Anda memang menginginkan melakukan pemeriksaan kesehatan pra nikah, meskipun di indonesia belum banyak dilakukan tetapi sudah ada beberapa rumah sakit yang menyediakan paket pemeriksaan kesehatan pra nikah. Untun biayanya pun menurut saya tak akan ada artinya jika dibandingkan dengan jaminan kesehatan keluarga dan calon janin Anda setelah menikah nantinya. Selamat berbahagia!


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini