Penting! Ini Tips Jitu Memulai Bisnis Percetakan

oleh : Portal Bisnis bersama


Bisnis Percetakan

Bisnis percetakan merupakan salah satu jenis bisnis dengan peluang yang cukup menjanjikan. Terlebih bila bisnis percetakan dikembangkan di area lingkungan sekolah, kampus, atau kantor. Sebagai pembisnis pemula, Anda tidak perlu merasa ragu. Memulai bisnis baru memang bukan hal yang mudah, tetapi bukan pula suatu hal yang mustahil meski modal sedikit. Pada awal memulai bisnis tunjukkan semua kemampuan dan kualitas kerja Anda. Hal ini cukup berpengaruh besar pada berkembang atau tidaknya bisnis yang dijalankan. Pastikan Anda memiliki target perkembangan bisnis yang dirancang per bulan, per semester, atau per tahun. Bila sekiranya target perkembangan tersebut sudah mulai tercapai tentu boleh bila selanjutnya Anda mulai berhitung dengan berapa persen laba yang ingin didapat.

Adapun supaya bisnis percetakan dapat berkembang sesuai dengan target, Anda perlu tahu tips-tipsnya. Berikut diberikan beberapa tips jitu memulai bisnis percetakan yang mudah diikuti:

·       Cari Tahu dan Pahami Proses Produksi

Penting! Ini Tips Jitu Memulai Bisnis Percetakan
Sebelum memulai, pastikan Anda memahami benar bagaimana proses produksi yang berkualitas. Bila Anda memiliki rekan kerja yang bergelut dalam bidang bisnis yang sama cobalah untuk bertanya. Anda dapat bertanya bagaimana langkah proses percetakan yang baik. Anda bisa pula mencari tahu cara meminimalisir kerugian akibat kesalahan cetak atau lainnya. Tentu bila Anda mempersiapkan semua keperluan percetakan sebelum mencetak kesalahan dapat dihindari. Kualitas produksi Anda yang pertama tentunya berpengaruh besar pada perkembangan bisnis Anda. Adapun seiring dengan berjalannya waktu proses produksi ini tentunya akan berlangsung lebih matang dan baik. Jadi sebenarnya semua juga bergantung dari keuletan dan ketelatenan Anda dalam menekuni bisnis percetakan.

·       Promosi
Promosi menjadi satu hal penting yang perlu Anda perhatikan di awal memulai bisnis percetakan. Anda dapat mencoba berpromosi dengan mencetak kartu nama, spanduk, stiker, banner, atau media iklan yang lain. Promosi di lingkungan sekitar lokasi percetakan biasanya pun cukup membantu mengingat pelanggan pertama biasanya pelanggan terdekat.

·       Memulai dengan Modal Kecil
Bila Anda memulai bisnis percetakan dengan modal yang kecil tidak perlu berkecil hati. Anda dapat memulai bisnis dengan fokus pada perkembangan bisnis dan jaringan dengan memberi reputasi baik. Hal ini jelas mempengaruhi kelancaran bisnis percetakan Anda. Setelah Anda sukses menanamkan citra dan reputasi baik, pelanggan bisa dipastikan datang dengan sendirinya. Bila pelanggan Anda sudah cukup besar dan modal yang terkumpul sudah bertambah boleh juga mengembangkan bisnis dengan memberi peralatan baru seperti mesin digital.

·       Jalin Kemitraan
Tips terakhir yang tidak boleh terlupa adalah menjalin kemitraan. Mitra bisnis cukup memiliki andil besar dalam keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Adapun bila suatu saat bisnis Anda sudah berkembang.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini