Peluang Usaha Fresh Food Rumahan


Oleh : Portal Bisnis Bersama


Pada lingkungan perumahan yang mayoritas penghuninya orang tua pensiunan, karena perumahan tersebut sebelumnya memang diperuntukkan untuk rumah para pekerja dari sebuah perusahaan atau instansi yang sudah berhak untuk membeli dan menempati perumahan khusus untuk pekerja perusahaan atau instansi tersebut, sehingga ketika mereka sudah masuh usia pensiun sudah tentu penghuninya rata-rata para orang tua pensiunan, dimana anak-anak mereka juga sudah berumah tangga dan memiliki rumah di daerah atau di perumahan lainnya. Sehingga bagi seorang ibu pensiunan yang memiliki hobi memasak atau membuat minuman yang cepat saji bisa dijadikan sebuah peluang usaha fresh food rumahan.

Menentukan dan Mempromosikan Menu Yang Dijual

Peluang Usaha Fresh Food Rumahan
Untuk menentukan menu yang dijual sebaiknya sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan lebih baik berupa makanan favorit keluarga karena sudah bisa dipastikan bisa dijual sebagai menu makanan orang lain atau si pembeli juga karena seluruh keluarga menyukainya. Hal terpentingnya yaitu mudah untuk dibuat dan bisa dimasak dengan cepat. Tidak perlu banyak-banyak dalam menentukan menu cukup 3 sampai 4 menu misalnya untuk makanan Nasi atau Mie Goreng, Udang Saus Tiram, dan Capcay. Sedangkan untuk minuman seperti Es Cincau Cappucino, Es Oreo Shake, dan Aneka Jus. Untuk jus sebaiknya buah-buahan yang mudah ditemukan. Untuk mempromosikan usaha fresh food dapat dilakukan ketika ada perkumpulan ibu-ibu pada acara arisan atau pertemuan warga, atau dapat pula membuat sebuah brosur kecil yang dapat disebarkan.  untuk menu sehari-hari yang dapat dijual bisa dititipkan pada tukang sayur yang sering mangkal di perumahan tersebut, sehingga para ibu yang tidak mempunyai cukup waktu untuk memasak dapat membeli menu harian yang dikemaa dengan harga murah meriah.

Cara Penyajian Yang Mudah

Sebaiknya tidak menyediakan bahan makanan dan minuman dalam jumlah banyak di lemari es karena bahan makanan yang tidak dibekukan akan mudah busuk, jadi sebaiknya membeli bahan sayuran pelengkapnya cukup untuk cadangan  2 hari saja, jadi kalau habis bisa cukup membeli di gerobak sayur yang lewat depan rumah. Sedangkan untuk jus buah segar dapat diawetkan dengan cara diblender dahulu dan sekalian di beri tambahan air dan gula sesuai komposisinya kemudian dimasukkan ke plastik es dengan porsi sesuai gelas yang disajikan. Nah, ketika ada yang beli mudah dan lebih cepat dapat disajikan. Caranya jus buah dalam plastik setelah dikeluarkan dari frezeer direndam pada air biasa, setelah agar cair masukkan dalam blender dan beri tambahan air panas lalu belender untuk lebih mencairkannya. Lalu siap masukkan ke dalam gelas saji, tutup rapat dan siap diberikan kepada si pembeli. Kecuali untuk jus strowberi yang buahnya kecil-kecil sebaiknya cukup dibersihkan, di  cuci dan dimasukkan plastik dimana jumlah buah disesuaikan dengan kebutuhan seporsi jus strowberi.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini