Peluang Menjanjikan dari Bisnis Fotokopi

Bisnis fotokopi disebut-sebut sebagai bisnis yang menjanjikan. Tidak heran jika bisnis ini sangat menjamur terutama di area kampus dan perkantoran. Apakah Anda berminat menjalankan bisnis ini? Berikut adalah tips yang bisa membantu persiapan Anda dalam membuka bisnis fotokopi.

Memilih Mesin Fotokopi

Peluang Menjanjikan dari Bisnis Fotokopi
Mesin fotokopi adalah modal utama yang harus dipersiapkan. Harga mesin fotokopi bervariasi mulai belasan hingga dua puluhan juta rupiah. Bisnis yang besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Untuk pemula, membeli satu buah mesin fotokopi saja sudah cukup. Ada banyak merek mesin yang bisa Anda pilih. Jika masih belum yakin dengan merek apa yang dibeli, lakukan survey ke tempat usaha fotokopi yang lain. Akan lebih baik jika Anda langsung berkonsultasi dengan pemilik usaha fotokopi. Tanyakan mesin merek apa yang kualitasnya bagus namun biaya perawatannya kecil. Jangan lupa tanyakan di mana membeli mesin fotokopi dengan harga murah. Untuk pemula, Anda bisa lebih baik membeli mesin analog atau standar. Mesin ini memang hanya bisa digunakan untuk mengkopi. Seiring berjalan waktu, Anda bisa menambah layanan seperti scan dan print dengan membeli mesin digital. Untuk menekan biaya, pilih mesin yang suku cadangnya mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Selain itu beli mesin dengan merek-merek yang umum digunakan. Salah satu kendala dalam menjalankan usaha ini adalah mesin yang seringkali ngadat atau rusak. Untuk memperbaikinya, mungkin Anda perlu memanggil teknisi. Masalahnya adalah, tidak semua teknisi familiar dengan semua merek.

Menyediakan Layanan Tambahan

Biasanya pelanggan fotokopi adalah mereka yang masih bersekolah, kuliah atau pegawai kantoran dan guru yang notabene memerlukan peralatan tulis atau ATK dalam kehidupan sehari-hari. Jadi alangkah lebih baiknya jika Anda juga menyediakan ATK seperti pensil, pulpen, buku tulis, kertas, dan lain sebagainya. Selain itu tambahkan pula layanan penjilidan, laminating, dan lain-lain. Biasanya orang yang memfotokopi buku juga akan meminta bukunya dijilid dengan rapi dan bagus. Orang akan cenderung memilih melakukan semuanya di satu tempat dari pada harus capek keliling ke beberapa tempat.

Melakukan Promosi untuk Menarik Pelanggan

Sebuah usaha baru membutuhkan promosi untuk mendapatkan pelanggan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat masyarakat tahu keberadaan usaha fotokopi Anda ini. Misalnya, karena target atau sasaran bisnis adalah guru dan anak sekolah, Anda bisa menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah atau bahkan melakukan presentasi kecil, tentunya setelah mendapat izin dari instansi yang bersangkutan. Selain itu Anda bisa menempel pamflet-pamflet di tempat yang mudah terlihat. Cara lain yang efektif adalah menggunakan media sosial. Layanan broadcast bisa menjadi cara mudah dan cepat dalam menyebarkan informasi. Jangan lupa untuk memberikan promo-promo menarik seperti diskon atau gratis produk ATK selama masa promosi. 


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini