Peluang Bisnis Kos-Kosan


oleh : Portal Bisnis bersama


Apabila Anda memiliki modal yang cukup besar untuk memulai sebuah bisnis, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengalokasikan modal Anda tersebut ke dalam bisnis kos-kosan. Hal ini karena bisnis kos-kosan merupakan usaha yang tidak memerlukan banyak usaha, tetapi sangat berpotensi menghasilkan keuntungan yang cukup signifikan. Secara umum dengan berbisnis kos-kosan Anda hanya akan direpotkan pada awal usaha Anda. Setelah bisnis Anda mulai beroperasi, Anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak tenaga untuk mengawasinya.

Poin keberhasilan dari bisnis kos-kosan ini sangat bergantung pada perencanaan awal yang baik dan matang. Hal yang paling utama tentu saja menentukan lokasi yang strategis calon bangunan kos-kosan Anda. Bangunan kosan Anda akan laku apabila dijalankan di lokasi yang dekat dengan kampus perguruan tinggi atau daerah perkantoran dan pabrik. Selain itu, kriteria lain yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi yang cocok bagi usaha kos-kosan Anda ialah faktor keamanannya; akses jalan menuju lokasi bebas banjir, jalanan tidak rusak, mudah dijangkau; serta kedekatannya dengan tempat-tempat seperti warung makan, toko, tempat fotokopi, laundry.

Peluang Bisnis Kos-Kosan
Hal lain yang perlu Anda perhatikan lainnya ialah mengenai fasilitas yang akan Anda sediakan agar bisnis kos-kosan Anda menarik perhatian calon penghuni. Tentunya fasilitas ini menyesuaikan kebutuhan calon penghuni. Secara standar kos-kosan dapat menyediakan alat-alat seperti ranjang, kasur, lemari, dan meja kursi belajar. Di luar kamar, fasilitas yang penting diperhatikan ialah lahan parkir, dapur umum serta kamar mandi dengan ketersediaan air bersih. Selain itu, Anda dapat pula menambahkan fasilitas seperti AC, kamar mandi dalam, serta TV jika perlu. Untuk mempermudah hidup penghuni kos, Anda bisa juga menambahkan fasilitas internet serta laundry yang dalam hal ini berarti dapat menambah pemasukan untuk bisnis Anda ini. Di samping pemilihan lokasi, Anda perlu pula menentukan konsep yang matang untuk kos-kosan Anda. Setelah menentukan apa kah kos anda khusus putra, putri, muslim, muslimah, atau campur, Anda perlu memasang tata tertib yang tegas namun tidak mengekang untuk dipatuhi penghuni kosan Anda.

Hal yang membuat Anda ragu untuk merintis usaha kos-kosan pastilah perlunya modal awal yang besar. Meski demikian memandang pada peluang keberhasilannya yang juga besar, potensi balik modal dari bisnis kos-kosan sangat cepat. Potensi rugi juga sangat kecil mengingat harga kos-kosan akan selalu naik seiring dengan kenaikan harga-harga lainnya. Bahkan, bisnis kos-kosan dapat menjadi investasi tidak bergerak yang menjanjikan karena harga bangunan dan tanah akan selalu mengalami kenaikan. Apabila modal yang Anda miliki terbatas, Anda dapat membeli langsung bangunan yang sudah ada sehingga hanya perlu renovasi sedikit-sedikit. Memang Anda kemudian tidak memiliki keleluasaan untuk merancang sendiri kos-kosan Anda, namun dengan membeli bangunan yang sudah jadi, Anda dapat lebih cepat menjalankan usaha kos-kosan Anda. Alternatif lain ialah memulai bisnis kos-kosan dalam skala kecil dimana Anda dapat menyewakan ruang kamar yang tidak terpakai di rumah Anda.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini