Morgan Freeman

Aktor, sutradara, dan narator Morgan Freeman, lahir 1 Juni 1937 di Memphis, Tennessee. Putra kellima dari lima bersaudara yang lahir dari tukang cukur rambut Morgan Porterfield Freeman, Senior dan guru sekolah Mayme Edna, merupakan anak yang dibesarkan di Chicago dan Mississippi di sebuah rumah tangga yang berpendapatan sangat kecil.

Tak lama sejak kelahirannya, orang tua dari Freeman yang sama seperti banyak keturunan Afrika-Amerika di Amerika berusaha melarikan diri dari tekanan yang muncul akibat Jim Crow. Akhirnya, keluarga Freeman pindah ke Chicago untuk bekerja. Sementara keluarganya mencari uang, Freeman tinggal di rumah neneknya di Charlestown, Mississippi.

Freeman yang masih berusia 6 tahun harus pindah dengan orang tuanya karena neneknya sudah meninggal. Ibunya berjuang sendiri ibunya dan ayahnya bercerai karena ayah Freeman merupakan pemabuk berat.

Morgan FreemanKetika masih kecil, Freeman menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan uang sedikit demi sedikit untuk menonton film. Freeman mengakui bahwa sejak kecil dirinya telah mengagumi aktor lawas Gary Cooper, Spencer Tracy, dan Sidney Poitier. Kemampuan aktingnya pun ditemukan secara tidak sengaja. Pada saat masih SMP, Freeman dihukum karena menggeser kursi anak perempuan yang disukainya ketika akan duduk. Gurunya menghukumnya untuk mengikuti kompetisi drama sekolah. Hal itu mengejutkan dirinya dan semua yang menonton dramanya bahwa Freeman yang berusia 12 tahun memiliki bakat alami.

Sayang pengetahuan mengenai bakatnya tidak digubrisnya. Freeman menganggap bahwa terbang, lebih tepatnya terbang mengendarai pesawat tempur, adalah passion terbesar dalam hatinya. Ketika Freeman lulus SMA pada 1955, Morgan mengabaikan beasiswa dramanya dan bergabung dengan U.S. Air Force. Rupanya karir militer tidak seperti yang diinginkannya. Alih-alih terbang bermanuver di udara, Freeman malah menjadi teknisi radar di atas tanah. Lalu Freeman sadar bahwa dirinya tidak hidup untuk menembaki orang.

Freeman lalu meninggalkan Air Force empat tahun kemudia dan pindah ke bagian barat Amerika tempat Hollywood berada, untuk mencoba peruntungannya di dunia seni peran. Hidupnya tidak mudah, Freeman memasuki kelas seni peran dan berusaha keras dalam pekerjaan yang membayarnya terlalu sedikit. Setelah pindah ke New York pun, hidupnya malah jadi tambah buruk.

Freeman mulai dikenal orang karena penampilannya dalam Hello, Dolly! bersama Pearl Bailey. Pada saat yang sama, Freeman pun berkarir di luar broadway juga di The Nigger Lover. Freeman pun memulai karir televisinya yang dianggapnya terlalu menyita banyak tenaga. Masih ingin bermain film, pada 1979, setelah bercerai dengan istrinya, Freeman membintangi film pertamanya Brubaker 1980. Dalam waktu dua dekade saja, pelan-pelan, sangat pelan, Freeman mendapat pengakuan dan sedikit demi sedikit meraih penghargaan atas aktingnya. Hingga sekarang, Freeman masih berkarya memerankan karakter-karakter menarik. Pribadinya yang sangat menyenangkan dan penuh pemikiran menjadikannya aktor yang disegani banyak aktor lainnya.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini