Mengapa Perlu Berbisnis?

Sejak kecil hingga sekarang bahkan kita terus-menerus menjalani pendidikan. Salah satu tonggak terbesar dari kehidupan manusia di Indonesia, dan mungkin di mana saja, adalah perguruan tinggi. Perguruan tinggi merupakan tempat di mana kita mendalami pendidikan yang kita minati dengan terkhususkan, sehingga kita akan mendapat ilmu yang mendalam.

Fenomena yang terjadi pada masa kini adalah ketika seorang mahasiswa yang baru lulus mencari pekerjaan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan ilmu yang didalaminya. Uniknya hal ini berimbas kepada masa depan generasi bangsa kita yang memiliki mimpi yang sempit. Anda pasti sering mendengar anak tetangga anda ingin menjadi manajer, atau mungkin ingin bekerja di kantor akuntan publik big four, atau ingin bekerja di perusahaan ternama.

Mengapa Perlu Berbisnis
Intinya, jarang sekali pemuda yang bercita-cita untuk membangun bisnis. Padahal jika anda lihat lebih jauh, bisnis adalah hal yang jauh lebih rumit dan penting daripada mencari pekerjaan. Pekerjaan tertentu memang terlihat hebat dan keren, tetapi lingkup kehidupan dan tujuan hidup dari orang yang bekerja kepada orang lain menjadi lebih sempit. Kompetisi yang terjadi paling-paling hanya antar sesama pekerja dan mungkin dengan pekerja perusahaan lain. Tujuan hidup pun berubah dari hal yang mulia menjadi sekadar mendapatkan barang-barang yang material seperti gaji yang besar, rumah bagus, mobil banyak.

Bisnis merupakan sebuah dunia yang tidak ada batasnya. Ada sejuta kemungkinan yang mungkin melahirkan sejuta lagi kemungkinan. Dengan berbisnis kita menjadi manusia yang jauh lebih bahagia dan bebas, dan hal itu terbukti. Pada dasarnya, dengan merintis bisnis, sekecil apa pun, anda adalah bosnya, dan anda tidak terkait peraturan oleh siapa pun kecuali disiplin anda sendiri. Lingkup kehidupan pebisnis pun sangat luas, ada ribuan jenis pasar yang bisa dimasuki, banyak sekali kompetisi dari pesaing yang ada di berbagai belahan dunia. Tujuan hidup yang akan bisa muncul pun lebih baik, misalnya ingin membuat perusahaan yang menghilangkan macet, atau ingin membuat masyarakat kecukupan air. Mulia bukan?

Bisnis merupakan suatu upaya untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Dari situ, solusi masalah akan kita komersilkan dan kita mendapatkan keuntungan dengan berbuat kebaikan. Kemungkinan yang ada tidak terbatas. Manusia cenderung menemukan masalah secara konstan, bahkan semakin lama semakin banyak masalah yang muncul, anda bisa menjadi salah satu pebisnis yang menyelesaikannya.

Bisnis juga akan membuat anda termotivasi untuk terus belajar, dan untuk terus berinovasi, anda jadi memiliki tujuan hidup yang terus terbarukan. Anda akan menjadi orang yang tangguh karena  persaingan. Anda juga akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Soal uang? Percayalah, gaya hidup anda akan menjadi jauh lebih efisien ketika anda menjadi seorang pebisnis. Tertarik? Sudah seharusnya.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini