Mencegah Flash Disk Agar Tidak Cepat Rusak

Flash disk adalah alat penyimpanan soft file yang berbentuk persegi panjang dalam ukuran mini. Setiap flash disk memiliki kapasitas penyimpanan yang beragam. Mulai dari yang paling rendah adalah kapasitas 1 GB yang kini sepertinya sudah semakin sulit untuk diperoleh. Mengingat kapasitas lebih besar dihadirkan dalam harga yang jauh lebih terjangkau. Kemudian ada pula kapasitas 2 GB, 4 Gb, 8 GB, 16 GB bahkan hingga sekarang 1 TB. 

Melihat bentuk mini yang fleksibel dan efisien memang flash disk menjadi alat penyimpanan yang luar biasa. Terutama untuk menyimpan dokumen dalam bentuk word, pdf, power point. Terkecuali untuk menyimpan film, video, lagu tentu sangat menguras kapasitas dari flash disk. Anda perlu memikirkan flash disk yang memiliki kapasitas berapa untuk dimiliki. Sesuaikan dengan kapasitas keperluan Anda dalam menyimpan dokumen. Kemudian menuju pada perawatan flash disk haruslah tepat. Mengingat ukuran flash disk yang mini maka rentan untuk mengalami kerusakan. Sehingga perlu menggunakan dan menyimpan dengan baik.

Kecenderungan pemakai flash disk adalah menghubungkan antar gadget yang satu dengan gadget yang lain. Menghubungkan flash disk dari komputer kemudian melepas kembali lalu dihubungkan ke tablet atau laptop. Perhatikan terlalu sering menggunakan flash disk untuk memindahkan data dari gadget yang berbeda dapat membuat flash disk rusak. Apalagi ketika hendak dikeluarkan alias dilakukan eject maka pastikan sudah ter-eject secara sempurna. Jangan sampai Anda melakukan putusan hubungan padahal flash disk belum Anda eject. Untuk satu sampai dua kali flash disk masih dalam keadaan baik-baik saja. 

Terlalu sering tidak dilakukan eject secara sempurna maka perlu dipahami flash disk akan melakukan prostes. Seperti membuat flash disk hang, gadget ikut-ikutan hang, atau yang paling tragis adalah data dalam flash disk menjadi hilang. Terkadang karena flash disk tidak di eject pun membuat data hasil copyan menjadi tidak tercopy secara sempurna. Anda memang melihat data sudah tercopy di dalam flash disk. Namun karena tangan Anda tidak sabar ntuk segera mencabut flash disk gara-gara tidak mampu tereject karena gadget yang bermasalah atau flash disk itu sendiri, maka data menjadi hilang. Anda tidak menemukan data yang tadinya terlihat sudah tercopy tersebut.

Mengingat flash disk juga mudah rusak karena virus, maka Anda perlu merawat flash disk dnegan baik. Sekali flash disk terkena virus juga membuat flash disk Anda tidak mampu terbaca. Bahkan semua data terkena virus yang mengharuskan flash disk dilakukan format ulang. Bagi Anda terutama para pelajar yang gemar menghubungkan flash disk dari satu gadget ke gadget lain untuk lebih sabar dalam menggunakan flash disk. Jika memang belum ter-eject maka pastikan Anda sudah menutup semua data dari flash disk. Sehingga flash disk akan dapat ter-eject dan selalu awet sampai waktu lama.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini