Memblokir Email Asing di Gmail

Memblokir Email Asing di Gmail

oleh : Portal Bisnis Bersama



Email Asing yang Mengganggu

Email bukanlah hal asing dizaman yang membutuhkan konektivitas super cepat seperti sekarang. Menggunakan email adalah salah satu alternatif pengganti terbaik bagi dunia bisnis untuk menyampaikan informasi atau sekedar promosi. Selain itu kemudahan dan kecepatan yang dimiliki email dalam menyampaikan informasi adalah sebagian keunggulan yang dimiliki email ketimbang mengirim surat biasa atau melalui agen pengiriman surat. Namun sama halnya dengan fasilitas internet lainnya, email juga memiliki kekurangan yang sebenarnya kekurangan tersebut bisa diatasi. Misalnya saja email spam atau adanya email tidak kita kenal yang tiba-tiba muncul dalam kotak masuk kita.

Setiap orang yang pernah atau masih menggunakan fasilitas email dalam bekerja tentu pernah mendapati email yang tidak kita kenal masuk ke dalam kotak masuk kita. Biasanya berupa promosi barang atau produk, atau bisa juga email penipuan semacam telah memenangkan undia tertentu dan yang paling parah adalah email yang berisikan tulisan atau gambar-gambar yang tidak layak dipublikasikan. Bagi yang merasa terganggu cara cepat mengatasi email asing ini adalah memblokir alamat email tersebut dari akun kita. Dengan demikian si pemilik akun email asing tersebut tidak akan bisa masuk ke dalam kotak masuk karena langsung terhapus oleh sistem.

Melakukan Blokir Email Asing

Seringnya kita menggunakan email dalam pekerjaan atau urusan lainnya membuat kita sering tidak menyadari beberapa fasilitas yang disediakan oleh provider email tersebut. Padahal fasilitas tersebut disertakan dalam email kita dalam rangka memberikan dukungan penuh untuk para penggunanya. Hal ini bisa dimaklumi mengingat beban kerja yang tinggi akan membuat kita menomor duakan fasilitas lainnya selain fasilitas kirim.

Fasilitas pemblokiran email asing sebenarnya sudah disediakan dalam akun email kita. Jika kita menggunakan email di Yahoo maka fasilitas pemblokiran email dapat dilihat pada menu Block Address. Namun kali ini yang akan kita akan lebih membahas pemblokiran email asing di Gmail. Meski tidak sama persis dengan Yahoo yang menyediakan failitas pemblokiran email asing pada Block Address, namun Gmail menyediakan fasilitas Filter yang memiliki fungsi dengan Block Address.

Cara kerja fasilitas Filter yang disediakan Gmail biasanya email yang masuk akan disaring terlebih dahulu. Email yang disaring kemudian akan diolah sesuai perintah filter yang diberikan. Perintah tersebut biasanya berupa penghapusan email atau pengiriman email ke folder tertentu. Lebih baik gunakan perintah Filter untuk menghapusnya sehingga kita tidak perlu melihatnya selamanya.

Fasilitas Filter email di Gmail dapat ditemukan di menu setting, kemudian pilih create new filter. Tuliskan alamat email yang ingin kita blokir pada kotak form. Kemudian lanjutkan dengan memilih create filter with this search, centang tulisan delete it. Klik create filter untuk   menerapkan. Email asing yang masuk ke dalam email kita akan langsung terhapus.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini