Melakukan Bisnis Tradisional Yang Modern

Oleh : Portal Bisnis Bersama


Berpikir ingin memulai bisnis apa itu tidak perlu susah-susah. Lihat saja di sekeliling Anda apa yang ada. Jangan paksa otak berpikir terlalu keras mengenai idea pa yang kemungkinan berhasil. Dengan berpikir sederhana dan kreatif maka mampu menjadikan bisnis yang terlihat biasa menjadi luar biasa. Guna ikut melakukan kegiatan ketahanan pangan, mulailah dalam berbisnis minuman tradisional. Mungkin Anda berpikir pasar bisnis minuman tradisional itu sempit dan hanya orangtua-orang tua.

Melakukan Bisnis Tradisional Yang Modern
Buka lebar pemikiran Anda, jika mampu melakukan inovasi pada minuman tradisional maka target pasar tidak hanya orangtua. Sebelum berbicara mengenai inovasi, lebih dulu mengingat kembali apa saja minuman tradisional di Indonesia. Pernahkah Anda mengkonsumsi wedang uwuh, minuman yang terbuat dari secang, jahe, dan beberapa rempah-rempah ini terlihat seperti uwuh atau kumpulan sampah. Namun rasanya manis dan segar ketika disajikan dalam keadaan hangat. Ketika diseduh menggunakan air panas maka akan terekstrak dan memberikan warna minuman tradisional satu ini merah segar. Ada lagi minuman jahe yang memiliki cita rasa pedas dan lebih nikmat ketika disajikan dalam keadaan panas-panas. Cukup mudah dalam proses pembuatannya dan biasa dijajakan di warung angkring.

Kenal dengan minuman yang memiliki isian warna-warni dengan rasa mirip minuman jahe. Terkenal dengan nama sekoteng adalah minuman tradisional yang dipadukan dengan manisan papaya warna-warni. Termasuk ketika malam tiba dan cuaca sedang dingin, menikmati sajian wedang ronde dan bajigor terasa enak di perut. Beberapa minuman tradisional ini seharusnya dapat menjadikan bisnis menggiurkan Anda. Caranya sangat sederhana, bukalah sebuah tempat seperti ruko, cafe, atau semacam tempat nokrong. Hal ini bertujuan untuk memasang target pasar untuk semua kalangan. Sehingga ketika Anda mulai memperkenalkan bisnis minuman tradisional ini kepada masyarakat, tidak dicap sebagai bisnis dengan target orangtua. Tempat yang modern akan membuat orang berpikir siapapun pantas untuk jajan minuman tradisional di tempat Anda. Kemudian sajian minuman tradisional harus dapat menarik perhatian. Pilihlah mangkuk dan gelas yang unik. Sehingga pembeli akan suka dengan perbedaan yang ditampilkan dari tempat Anda. Tidak ketinggalan hadirkan menu tambahan yang sesuai dengan sajian utama minuman tradisional.

Anda dapat menyajikan nasi kucing, gorengan, dan menu tambahan yang lain. Sehingga semcam warung angkring modern dapat Anda buat sebagai jalan bisnis ke depan. Melakukan bisnis minuman tradisional ini terbilang tidak sekadar berbisnis mencari keuntungan saja. Melalui bisnis ini, Anda juga ikut mendukung dan menjaga ketahanan pangan yang kini juga sedang mencoba dipertahankan oleh pemerintah. Mengingat makanan dan minuman gaya luar negeri mulai meracuni kebiasaan warga pribumi, dengan memulai bisnis tradisional ini maka Anda berpengaruh besar untuk mengembalikan kesadaran banyak orang akan kecintaan produk tradisional dalam negeri melalui minuman tradisional.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini