Marketing Di Luar Brand

Brand adalah hal yang paling krusial dalam sebuah bisnis. Anda akan rela mengeluarkan banyak biaya marketing dan periklanan untuk meningkatkan brand awareness dari masyarakat. Hal itu akan meningkatkan kemauan masyarakat untuk membeli barang atau jasa yang anda tawarkan. Memang bisa dibilang bahwa brand adalah jiwa dari bisnis anda. Tidak semua aspek dari bisnis bisa dan perlu menggunakan brand, faktanya salah satu aspek bisnis yang bisa tidak menggunakan brand atau malah perlu meninggalkan brand adalah marketing.

Marketing Di Luar Brand
Kegiatan marketing yang paling sering dilakukan adalah advertising atau mengiklankan barang atau jasa yang anda jual. Ada banyak media tempat anda bisa menuangkan iklan perusahaan anda agar masyarakat jadi tertarik kemudian membeli barang atau jasa anda. Tipikal dari perusahaan mereka akan secara tegas tanpa basa-basi mengumumkan brand mereka dan mengajak anda untuk membeli.

Sudah sejak lama dunia media telah bangkit dan kebanyakan iklan yang ditampilkan memiliki format yang begitu. Tentunya, masyarakat yang menonton, membaca, melihat, atau mendengar menjadi bosan dan mereka akan mengganti channel, mengabaikan, memutuskan untuk melihat ke tempat yang lain atau secara sederhana mereka tidak akan mengindahkan iklan anda.

Yang belakangan populer di kalangan pebisnis adalah menjadi kreatif di aspek marketing dengan marketing beyond brand. Hal itu tidak sesulit kedengarannya tetapi anda pasti pernah melihat iklan video atau iklan di televisi yang menampilkan iklan yang menarik yang memiliki alur cerita dan secara emosional terkait kepada kehidupan anda. Iklan tersebut tidak langsung menyodorkan brand tetapi menyediakan nilai.

Metode ini bisa digunakan dalam media apa pun, tetapi agaknya kurang efektif jika digunakan di media koran, atau billboard. Paling baik berupa video. Untuk melakukan marketing beyond brand ini anda perlu memberikan konten yang edukasional, entertaining dan menarik kepada masyarakat yang sekarang mencari hal yang bernilai.

Misalnya saja ketika anda ingin menawarkan jasa desain grafis, anda bisa memberikan video mengenai teori dari warna dan lalu di akhir video anda menghubungkannya dengan kepiawaian anda untuk mengolahnya. Masyarakat akan tertarik dengan isi dari video anda dan juga melihat bahwa bisnis anda adalah bisnis yang paham dan kredibel di bidang bisnis yang anda kuasai.

Video yang menarik akan membuat avalanche effect. Orang yang menganggap video anda menarik, akan ingin menge-share video anda kepada teman mereka. Jadilah rantai marketing anda bergerak sendiri hanya dengan sebuah video yang berkualitas saja.

Memang prosesnya agak sulit, tetapi akan selalu ada kaitan mengenai bisnis anda dengan kehidupan masyarakat. Jika tidak, bisnis anda sudah bangkrut bahkan sebelum membaca artikel ini. Temukan kaitan itu dan untai cerita yang akan menarik masyarakat.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini