Manfaat Hangatnya Rempah Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Rempah Jahe

Indonesia kaya akan rempah-rempah bermanfaat, salah satunya adalah jahe. Rempah yang satu ini memiliki aroma yang cukup khas. Biasanya rempah jahe disajikan dalam bentuk minuman dengan cara diseduh air hangat. Minuman jahe dapat memberi efek menghangatkan tubuh secara alami. Secara lebih lanjut jahe bahkan diketahui memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Di bawah ini diberikan beberapa manfaat hangatnya rempah jahe untuk kesehatan:

·       Mencegah Perut Buncit

Hangatnya rempah jahe dapat membantu mencegah perut buncit. Manfaat ini dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi jahe sebelum makan. Jahe akan bekerja melancarkan sistem metabolisme tubuh dan sistem pencernaan secara alami. Dengan sistem metabolisme yang lancar, maka proses pembakaran kalori dalam tubuh akan berlangsung lebih cepat dan dapat membantu meratakan perut yang tampak membuncit.

·       Membangun Otot

Jahe memiliki kandungan senyawa lengkap. Salah satu senyawa yang terkandung dalam jahe ada yang bersifat inklamasi. Sifat inilah yang bermanfaat membangun otot tubuh. Mengonsumsi rempah jahe secara teratur pun dapat meminimaisir rasa sakit otot yang sering disebabkan latihan fisik yang berlebihan.

·       Obat Jerawat Alami

Anda memiliki masalah dengan jerawat membandel? Tidak perlu bingung mencari solusinya. Ternyata jahe dapat bermanfaat sebagai obat jerawat alami. Hal ini sudah dibuktikan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Medical Center. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa pengonsumsian 4 gram jahe per hari dapat mencegah munculnya jerawat membandel. Namun, di sisi lain jahe juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena malah dapat memicu mules, diare, dan iritasi.

·       Menurunkan Hipertensi

Rempah jahe mampu melebarkan pembuluh darah dan sekaligus merangsang pelepasan hormon adrenalin. Alhasil darah dapat mengalir lebih lancar dan lebih cepat. Inilah mengapa hangatnya rempah jahe dapat menurunkan hipertensi. Senyawa gingerol di dalam jahe pun diketahui dapat mencegah penggumpalan darah yang cukup berbahaya.

·       Membersihkan Kotoran Secara Efektif

Hangatnya jahe yang diminum dapat membuat tubuh berkeringat. Melalui keringat inilah sejumlah kotoran dalam tubuh akan dikeluarkan secara efektif. Tidak hanya itu saja, sejumlah racun dan zat tidak bermanfaat lain juga akan turut larut dan keluar dari tubuh.

·       Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe diketahui hanya mengandung kalori dalam jumlah sedikit. Hal ini berarti jahe tidak menyebabkan kenaikan berat badan atau memicu kegemukan. Seperti yang disebutkan di atas, hangatnya rempah jahe diketahui dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini ternyata juga efektif membakar kalori dalam tubuh, sehingga ampuh menurunkan berat badan. 

Demikianlah beberapa manfaat hangatnya rempah jahe bagi kesehatan. Manfaat jahe sungguh luar biasa bukan. Sebenarnya masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jahe secara teratur. Manfaat rempah jahe itupun dapat Anda peroleh dengan mengolahnya menjadi makanan unik dan menarik. Anda dapat membuat kue jahe, roti jahe, atau menu makanan nikmat lainnya.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini