Manfaat Cabai Merah bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Cabai Merah Bagi Kesehatan Tubuh

oleh : Portal Bisnis Bersama



Siapa tak kenal dengan cabai merah? Anda pasti sering menemui bahan ini di berbagai jenis masakan Indonesia. Bagi Anda yang menyukai pedas, Anda pasti memasukkan bahan yang satu ini didalam masakan Anda. Selain itu juga, cabai merah bisa menjadi penyedap masakan yang ampuh dan bisa memicu selera makan Anda dalam waktu sekejap. Pada umumnya, cabai merah memiliki dua warna utama yaitu warna merah dan hijau. Salah satu kandungan yang cukup penting bagi tubuh Anda adalah zat capsaicin. Zat ini adalah zat yang berfungsi untuk menyengat sel-sel perasa yang terdapat didalam indera lidah.

Capsaicin adalah zat yang membuat cabai merah memiliki rasa yang cukup pedas apabila Anda mengkonsumsinya. Meskipun cabai memiliki rasa yang pedas, tetapi dengan mengkonsumsi cabai merah, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Beberapa manfaat tersebut adalah Anda akan mendapatkan asupan gizi yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan Anda dan meminimalisir kemungkinan katarak pada mata Anda. Selain itu juga, dengan mengkonsumsi cabai merah, Anda akan mendapatkan khasiat dari kandungan vitamin C dan juga zat karoten yang cukup banyak tersedia didalam cabai merah. Berikut ini akan dijelaskan lebih detail tentang manfaat cabai merah bagi tubuh Anda.

Kekebalan tubuh meningkat

Cabai merah memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kesemua vitamin tersebut dapat melindungi tubuh Anda dari serangan penyakit yang merugikan seperti batuk, pilek, dan flu. Karena kandungannya yang banyak dan bermanfaat tersebut, maka tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi cabai merah selama masih dalam batas yang wajar.

Cabai merah dapat mengontrol kadar gula darah didalam tubuh

Selain vitamin A, B, dan C, cabai merah juga mengandung vitamin B6. Kandungan vitamin B6 yang terdapat didalam cabai merah cukup tinggi sehingga vitamin ini sangat berperan besar dalam proses gluconeogenesis. Proses ini adalah bagian dari aktivitas yang terjadi didalam tubuh. Aktivitas yang terjadi adalah vitamin B6 ini mengontrol kadar gula yang terdapa didalam darah. Jika Anda ingin mendapatkan nutrisi tubuh dan otak yang baik bagi kesehatan Anda, Anda bisa mengkonsumsi asam folat yang terdapat didalam cabai karena kandungannya yang cukup tinggi.   

Cabai merah dapat mengatasi  penyakit rematik

Jika Anda membutuhkan obat tradisional untuk mengobati rematik, maka bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah 10 gram cabai merah kering dan ½ gelas air panas. Anda hanya perlu menumbuk cabai merah kering sampai halus dengan air panas. Oleskan pada bagian yang terkena rematik, maka rematik Anda akan mereda.

Meredakan sakit kepala dan nyeri sendi dengan cabai merah

Capsaicin yang terdapat didalam cabai merah dapat menimbukan efek pedas didalam mulut. Efek pedas ini dapat menghalangi aktivitas ketika otak menerima rasa sakit yang berasal dari sistem saraf pusat.  Oleh karena itu, rasa sakit dan nyeri sendiri yang terdapat didalam tubuh akan jauh berkurang.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini