Kiat Memulai Usaha Baju Secondhand

Oleh : Portal Bisnis Bersama


Baju atau pakaian saat ini tidak sekedar jadi penutup tubuh saja, namun juga sebuah gaya hidup. Tren pakaian yang bermacam- macam telah bermunculan. Tidak hanya unik, namun pakaian- pakaian yang beredar saat ini memliki banyak variasi mode yang terlihat apik.

Walaupun beragam mode pakaian telah silih berganti mewarnai dunia fashion, namun bila kita perhatikan modelnya selalu berulang. Misalnya saja, baju- baju yang dulu dipakai oleh ibu kita di tahun 80- an sekarang mulai menjadi tren lagi, tentu saja dengan model yang lebih bervariasi. Karena model yang selalu berputar, maka pakaian bisa kita jadikan komoditi bisnis yang menggiurkan. Caranya adalah dengan menjual baju- baju secondhand.

Kiat Memulai Usaha Baju Secondhand
Bisnis baju secondhand sebenarnya mulai marak belakangan ini. Tren baju yang cepat sekali berganti dan juga model yang bervariasi membuat orang berebut ingin membeli, namun terkadang harga terlalu mahal atau model sudah tidak tersedia. Akhirnya tercetuslah ide menjual baju secondhand atau bekas kepada para penikmat fashion.

Ada beberapa hal yang membuat bisnis baju bekas ini menguntungkan:

1.     Walaupun terdengar sederhana, namun bisnis baju bekas ini sangat menguntungkan. Baju yang tadinya dibeli dengan harga murah pada akhirnya bisa dijual dengan harga yang lebih mahal. Misalnya saja, Anda beli baju bekas di penjual seharga Rp 20.000,- dengan model yang masih bagus, jika pintar merawatnya maka baju tersebut bisa Anda jual lagi dengan harga Rp 75.000,-. Menarik bukan?

2.     Modal yang Anda harus keluarkan relatif kecil.

3.     Sekalipun baju yang Anda jual adalah barang bekas, namun itu adalah barang impor dan kualitasnya dijamin masih bagus.

Langkah pertama dalam melakukan bisnis ini adalah mencari baju jenis apa yang akan Anda jual. Selain itu, penting untuk melihat apa pangsa pasar Anda, apakah itu untuk kalangan wanita, anak- anak, atau pria. Setelah menentukan, Anda bisa memulai mencari baju yang Anda akan jual. Jika baju sudah di tangan, maka kini tinggal mengepaknya. Sebelum dijual, baju Anda rendam dulu dalam air panas agar kotorannya hilang. Setelah itu, cuci dengan deterjen sampai bersih; bila perlu bisa disikat. Setelah kering, setrika dan beri pewangi pakaian secukupnya. Beli label produksi dan pakaian pun siap dijual.

Untuk memasarkannya, Anda bisa mempromosikan lewat internet agar lebih mudah menjaring pembeli. Agar tidak kalah saing, berikan satu cirri khas tertentu pada barang yang Anda jual. Dengan begitu, maka pembeli bisa membedakan barang produk Anda dan produk lain, juga keunikannya. Pastikan beri harga yang sesuai dengan kualitas barang Anda.

Nah, itulah tadi beberapa kiat jitu dalam membuka usaha baju bekas. Semoga membantu!



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini