Kesalahan Pemula Di Bisnis Online

Bisnis online semakin berkembang seiring dengan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat. Jumlah pebisnis online pun semakin bertambah. Sehingga persaingan bisnis online semakin ketat. Oleh karenanya sangat dibutuhkan inovasi dan kreasi untuk menggaet dan mempertahankan pelanggan. Bagi pemula yang batu terjun ke bisnis ini seringkali mengalami kegagalan. Apa saja kesalahan mereka?

Tidak mengetahui target pasar yang jelas

Kesalahan Pemula Di Bisnis Online
Meskipun jangkauan internet sangat luas, tapi tetap saja harus memiliki target pasar yang jelas. Anda harus mengklasifikasi target usia konsumen, lokasi tempat tinggal, jenis kelamin, pekerjaan, kegemaran dan sebagainya. Dengan target pasar yang jelas, maka berbagai promosi dan pemasaran bisa dijalankan lebih mudah dan efektif.

Tidak menggunakan media sosial dengan maksimal

Pengguna media sosial di tanah air penggunanya sangat tinggi. Sehingga bisa menjadi sarana promosi bisnis yang lebih terarah dan efektif. Aplikasi jejaring sosial ini juga bisa digunakan secara gratis dan mudah. Sehingga siapa saja bisa memanfaatkannya dengan cepat. Oleh karenanya sangat sayang bila melewatkan media gratis ini. Agar bisa sukses di bisnis online, aktif di sejumlah media sosial adalah cara yang tepat. Beberapa media sosial yang bisa dimanfaatkan adalah Twitter, Facebook, Path, Pinterest, Instagram dan lain sebagainya.  

Tidak menawarkan keunikan yang berbeda dengan kompetitor

Sebelum memulai bisnis online tentunya Anda telah menyiapkan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Tapi sebelum memutuskan untuk fokus pada bisnis tersebut, sebaiknya mengetahui kompetitor atau pesaing bisnis. Sehingga bisa menghadirkan produk yang sama tapi tak serupa. Maksudnya adalah ada keunikan atau kelebihan tersendiri, dibandingkan dengan produk kompetitor. Dengan begitu produk Anda memiliki nilai lebih dan melengkapi keinginan konsumen.

Tidak mempunyai stok yang memadai

Sama halnya dengan bisnis konvensional, strok produk seharusnya mencukupi. Sehingga bila ada pemesanan dari konsumen, maka bisa segera mengirim ke tujuan. Sehingga konsumen baru Anda akan merasa puas dengan kecepatan pengiriman barang. Pelayanan yang baik ini akan menjadikan bisnis Anda menjadi favorit, sehingga muncul banyak pelanggan setia.

Tidak fokus dalam menjalankan bisnis online

Sebaiknya tidak terlalu tergoda dengan menawarkan banyak produk di internet. Lebih baik Anda fokus pada salah satu produk yang diyakini memiliki nilai jual yang bagus dengan target pasar yang besar. Produk yang ditawarkan seharusnya memiliki spesifikasi yang jelas. Sehingga bisa spesifikasi produk bisa dicantumkan dengan jelas dan rinci di website, blog, media sosial dan sebagainya. Jangan lupa menampilkan foto yang bagus dari berbagai sudut pandang yang menarik. Sehingga konsumen bisa mencermati produk yang ditawarkan dan lebih yakin untuk membelinya. Berikan pelayanan prima pada bisnis Anda, bisa berupa garansi uang kembali apabila produk tidak sesuai harapan, pengembalian produk yang cacat atau rusak dan sebagainya.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini