Jokowi, Presiden Terpilih 2014

Joko Widodo atau lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai Jokowi telah ditetapkan menjadi presiden terpilih Indonesia pada tahun 2014 ini. Kehidupannya yang berasal dari rakyat kecil menjadikannya sosok yang diidam-idamkan oleh seluruh rakyat Indonesia untuk menjadi pemimpin yang lebih memahami keinginan rakyat dan memberikan perubahan bagi bangsa Indonesia. Pada artikel ini kita akan mengenal lebih dalam siapa sosok Jokowi sebenarnya dan juga perjalanan karirnya dari bangku sekolah hingga menjadi presiden terpilih sekarang.

Jokowi, Presiden Terpilih 2014Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961.Jokowi merupakan anak sulung dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo Pendidikan Jokowi dimulai sebagai murid di SD Negeri 111 Tirtoyoso, sekolah yang termasuk sebagai sekolah yang dikenal untuk kalangan bawah.Masa kecil Jokowi tidak mudah. Untuk membeli keperluan sekolah ia harus terpaksa berdagang, menjadi kuli panggul, bahkan mengojek payung. Pada umur 12 tahun, Jokowi juga bekerja sebagai tukang kayu, mewarisi bakat dari sang ayah. Kejadian penggusuran yang menimpa rumahnya hingga tiga kali membuatnya mengerti akan perasaan orang yang digusur dan nantinya akan mempengaruhinya dalam menertibkan perumahan liar warga saat menjabat sebagai walikota Solo dan DKI Jakarta. Jokowi melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 6 Surakarta.

Setelah tamat SMA Jokowi diterima di Jurusan Kehutanan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.Lulus dari Universitas Gajah Mada, Jokowi pun bekerja di BUMN PT Kertas Kraft Aceh, Aceh Tengah.Namun karena jauh dari keluarga, Jokowi memutuskan pulang ke Solo dan membuka bisnis sendiri di bidang kayu.

Pada tahun 2005, Jokowi maju sebagai calon wali kota Surakarta diusung oleh PDIP dan PKB. Jokowi pun berhasil memenangkan pemilu tersebut sebanyak 36,62%. Dibawah pimpinan Jokowi Solo pun mengalami perubahan yang signifikan bahkan hingga menarik perhatian dari media luar.Solo yang dulunya tidak tertata kini menjadi rapi dan teratur. Hasilnya pada tahun 2010 Jokowi pun terpilih lagi menjadi walikota Surakarta dengan angka mutlak sebesar 90,09%.Hasil dari kerja keras Jokowi inilah yang membawanya maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Pada tahun 2012 PDIP mengusung Jokowi sebagai calon gurbernur dan Basuki Cahya Purnama atau lebih sering disapa Ahok sebagai calon wakil gubernur.Pada awalnya pasangan ini tidak diunggulkan, namun pasangan Jokowi Ahok lolos ke putaran kedua dan pada akhirnya memenangkan pemilu tersebut.Pada saat menjabat sebagai gubernur Jakarta, banyak perbaikan yang dilakukan Jokowi untuk kota Jakarta. Dari menambah armada bus Transjakarta, menaikan upah minimum, membersihkan waduk, merelokasi pedagang kaki lima, hingga membangun rumah susun untuk warga yang tergusur. Jokowi yang terkenal dengan blusukan ini saat ini telah menjadi presiden terpilih Indonesia.Meski jalan yang dilalui sulit dan lawannya yaitu Prabowo cukup kuat, namun pada akhirnya rakyat Indonesia memilih Jokowi sebagai presiden berikutnya. Jokowi diharapkan dapat memberikan perubahan-perubahan yang positif bagi bangsa Indonesia.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini