Iwan Fals si Legenda Musik Indonesia

Iwan Fals adalah salah satu musisi papan atas yang sudah dianggap sebagai seorang legenda bagi pecinta musik. Karya-karyanya yang dekat dengan kalangan bawah dan penuh kritik terhadap pemerintahan telah membuat berbagai generasi untuk mengetahui dan bahkan bertindak terhadap ketidakadilan sosial yang terjadi di Indonesia.

Iwan Fals si Legenda Musik IndonesiaVirgiawan Listanto lahir di Demak, 3 September 1961, biasa disebut Iwan Flas adalah seorang musisi blade, country dan rock dari Indonesia.Iwan menghabiskan masa kecilnya di Bandung dengan bermain gitar.Ia pun mengamen di Bandung untuk melatih kemampuannya bermain gitar dan juga menciptakan lagu. Ingin menjadi lebih sukses dari pengamen, Iwan nekat untuk pergi ke Jakarta untuk rekaman. Iwan pun menjual sepeda motornya untuk biaya rekaman album. Album pertama Iwan bersama teman-temannya yang berjudul Amburadul gagal di pasaran dan Iwan terpaksa mengamen lagi untuk mengumpulkan uang. Iwan pun banyak mengikuti festival music seperti festival musik country dan music humor. Lagu-lagu lucu Iwan Fals tersebut juga direkam dan dibuatkan albumnya namun lagi-lagi tidak laku di pasaran. Pada saat Iwan bergabung dengan Musica Studio barulah lagu-lagu Iwan digarap lebih professional dan serius. Album Sarjana Muda dirilis dan mendapat respon yang lebih hangat dari para pecinta music tanah air. Iwan yang dulunya mengamen sekarang sudah mulai dipanggil untuk bernyanyi, hingga masuk di sebuah acara televise TVRI. Lirik lagu Iwan Fals mulai memuat unsur-unsur kritik terhadap kinerja pemerintah dan juga korupsi yang terjadi pada masa itu. Banyak konser-konser Iwan Fals yang dilarang dan ditutup oleh pemerintah karena dianggap dapat memicu terjadinya kerusuhan. Pada awalnya lagu-lagu tersebut memang terbilang lumayan keras untuk jaman orde baru. Itu menjadi sebab banyak perusahaan rekaman yang tidak berani menerbitkan album Iwan Fals yang berisi kritik politik. Konser-konser Iwan diberhentikan secara paksa dan massa juga dibubarkan. Bahkan Iwan sempat ditahan selama 2 minggu karena lirik lagunya yang menyinggung pemerintah.

Di tahun 1989 Iwan Fals bergabung dengankelompok SWAMI dan meluncurkan album berjudul SWAMI. Album yang memuat hits seperti Bongka dan Bento itu sukses dan lagu-lagu tersebut sangat popular terutama bagi pemuda kaum bawah. Selain SWAMI Iwan juga bergabung dengan grup music Kantata Takwa.Konser Kantata Takwa yang megah dan meriah menjadi salah satu momen yang tidak dapat dilupakan dalam sejarah music Indonesia.

Menginjak tahun 2000an, lirik Iwan Fals pun berubah seiring dengan stabilnya pemerintahan Indonesia. Iwan lebih memilih tema seperti cinta dan alam daripada lagu-lagu terdahulunya yang lebih keras dan menantang.Iwan juga berkolaborasi dengan berbagai musisi dalam menciptakan lagu. Iwan Fals masih berkarya hingga saat ini dan akan terus berkarya untuk bangsa Indonesia.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini