Hakekat Bisnis = Kerja Sama Team

oleh : Portal Bisnis bersama


Sudah sering Anda dengar bahkan mungkin Anda temui di sekitar Anda , saat Anda mengikuti training atau seminar yang bertajuk motivasi menjadi pengusaha, Anda akan melihat para peserta berharap akan mengubah kepribadiannya. Kebanyakan ingin berubah dari seorang yang pendiam , pemalu, dan berbagai sifat negatif lainnya menjadi seperti sang pembicara.

Hakekat Bisnis = Kerja Sama TeamMungkin mereka berpikir bahwa definisi orang sukses adalah orang yang pintar bicara. Namun tak sedikit yang merasa bingung setelah mendengar uraian hasil seminar, bertanya tanya darimana modal yang akan digunakan untuk membuka usaha ? Sebaliknya yang mempunyai modal dan punya sedikit kemampuan untuk berbicarapun, terkadang akan tetap mengeluh bahwa dia tidak memiliki bakat usaha karena tidak bisa mengatur orang.Lalu yang menjadi pertanyaan apa yang dibutuhkan seseorang untuk jadi seorang pengusaha? Apakah seorang pengusaha harus serba bisa ?

Apakah seseorang yang bisu atau mempunyai cacad fisik tidak boleh menjadi seorang pengusaha ? Bagaimana pula kalau orang bisu ini tidak memiliki modal? Jawaban yang benar adalah bahwa untuk menjadi seorang pengusaha, seseorang  tidak harus menjadi serba bisa ataupun bermodal besar. Lalu kalau begitu apa ya syaratnya ?

a. Syarat Menjadi PengusahaYang paling pokok untuk menjadi seorang pengusaha adalah KEMAUAN YANG KERAS yang dibarengi TINDAKAN  NYATA  yang kuat. Sudah terbukti bahwa akan lebih mudah menggali potensi yang Anda miliki, daripada mengubah diri Anda. Anda dapat menutupi kekurangan Anda dengan kelebihan yang teman Anda miliki. Itulah kenapa seorang pengusaha yang sukses tidak akan pernah bekerja sendiri. Selalu ada teman yang menjadi rekan bisnisnya.Jika Anda tak pandai bicara, maka carilah seseorang yang pandai bicara. Kemukakan ide- ide  Anda, dan bekerja samalah. Menjadi pebisnis atau pengusaha tak harus pandai, tapi mutlak harus  pandai mencari orang pandai. Berpikirlah bahwa hanya sedikit yang bisa Anda kerjakan bila bekerja sendiri, dan akan makin banyak yang bisa Anda lakukan jika Anda bekerja sebagai satu tim. Kenali diri Anda seutuhnya, gali kekurangan dan kelebihan Anda, lalu carilah rekan bisnis yang bisa menutupi kekurangan Anda. Sehingga pada akhirnya Anda berdua akan maju bersama atas dasar saling membutuhkan. 

b. Kemitraan yang menguntungkanSemakin banyak mitra kerja yang Anda ajak bergabung dalam tim Anda, akan semakin banyak pula kekurangan Anda yang akan tertutupi. Keuntungan lain, pekerjaan Anda akan menjadi lebih ringan dan akan lebih cepat selesai karena diokerjakan secara beramai ramai.Lalu akan timbul pertanyaan selanjutnya, bagaimana bila Anda ditipu rekan bisnis Anda…? Jangan khawatir, hal semacam ini sudah biasa terjadi di dunia bisnis.Bukankah hal yang sama bisa terjadi saat Anda berusaha mencari pasangan hidup Anda ? Tentu memerlukan waktu dan pengorbanan. Tapi Anda harus yakin bahwa pada suatu saat Anda akan menemukan partner kerja yang cocok. Kunci suksesnya adalah saling menghargai perbedaan sebagai kekuatan. Ingat pepatah bahwa tidak ada satu kapalpun yang bisa berlayar dengan dua nahkoda aktif.. Harus ada yang menjadi pemimpin dan harus ada pula yang dipimpin.Tim kerja yang bagus bukanlah yang mempunyai kemampuan yang sejenis, tapi yang memiliki kemampuan untuk saling melengkapi. Jadi tak ada alasan untuk  menjadikan kekurangan Anda untuk tidak segera memulai bisnis Anda.  



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini