Cara Paling Efektif Mempromosikan Bisnis Baru

Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu usaha. Strategi pemasaran yang baik merupakan salah satu kesuksekan sebuah bisnis, apalagi jika bisnis yang dijalankan masih tergolong baru. Menjual produk berkualitas dan memberikan pelayanan yang baik saja tidak menjamin bahwa sebuah bisnis akan sukses jika strategi pemasarannya kurang tepat. Jangankan bisnis yang baru dimulai, perusahaan-perusahaan besar saja masih berusaha mati-matian untuk mengiklankan brand-brand yang mereka keluarkan. Tanpa promosi yang tepat, produk yang Anda jual tidak akan dikenal. Selain memperkenalkan produk, promosi juga penting untuk mempertahankan eksistensi di tengah persaingan pasar yang ketat. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini adalah strategi marketing yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk Anda pada masyarakat.

1.   Mengenal Sasaran Bisnis Anda

Cara Paling Efektif Mempromosikan Bisnis Baru
Untuk menentukan strategi marketing yang paling tepat, Anda harus terlebih dulu mengetahui siapa target usaha Anda. Misalnya, Anda mempunyai bisnis fotokopi. Berarti pelanggan Anda adalah anak-anak kuliah, pegawai kantor administrasi, guru, dan sebagainya. Dengan demikian Anda dapat merancang suatu metode promosi yang langsung mengenai sasaran. Misalnya Anda bisa mengirimkan brosur langsung ke sekolah-sekolah sekitar. Contoh lain adalah jika Anda membuka usaha fotografi, anda bisa melakukan promosi dengan membuka stand di event wisuda, misalnya. Pada acara tersebut, orang banyak berfoto dan membutuhkan jasa Anda. Atau, promosi juga bisa dititipkan kepada wedding organizer yang menggunakan jasa Anda. Strategi ini sangat efektif dan efisien. Anda tidak akan membuang waktu, uang, dan energi.

2.   Memberikan Promo-Promo Spesial

Cara promosi lainnya adalah dengan mengadakan penawaran spesial pada pelanggan. Hal ini sangat penting baik pada saat awal pembukaan usaha hingga saat bisnis tersebut sudah berjalan. Promo atau penawaran spesial dapat diberikan dalam berbagai cara seperti discount, buy one get one free, bebas biaya pengiriman, gratis merchandise, dan sebagainya. Misalnya ketika membuka warung makan baru, Anda bisa melakukan promosi dengan menggratiskan minum. Atau Anda bisa membuat promosi lebih menarik misalnya dengan menawarkan voucher untuk free dinner pada hari-hari tertentu. Dengan penawaran spesial ini, masyarkan akan tertarik. Selain itu, promosi yang unik dan menarik akan membuat mereka teringat dengan produk Anda. Akan ada waktunya di mana Anda tidak perlu menawarkan barang atau jasa yang Anda jual namun pembeli lah yang akan mencari Anda. Namun tentunya diperlukan waktu yang cukup lama untuk sampai pada taraf yang seperti itu.

3.   Memaksimalkan Penggunaan Media Online

Saat ini teknologi sudah sangat berkembang. Anda harus memanfaatkan kecanggilan teknologi untuk memperlancar jalannya bisnis. Banyak media sosial yang bisa digunakan seperti twitter, facebook, dan instagram. Instant messenger pun bisa digunakan. Banyak fitur seperti share, broadcast, atau tag, yang membantu menyebarluaskan promosi bisnis Anda.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini