Cara Ampuh Membuat Bisnis Naik Kelas

Agar Bisnis Naik Kelas


Setiap pelaku bisnis memiliki impian bisnis yang dijalankan dapat berkembang pesat dan menjadi ladang laba besar. Para pembisnis besar yang kini sudah sukses dulunya pun pernah merasakan tahan start up dimana sumber daya dan modal cukup terbatas. Memulai bisnis memang bukan pekara mudah. Anda perlu menguras tenaga, pikiran, meluangkan waktu lebih, dan berani mengambil risiko. Perlu diketahui bahwa kondisi dan kegigihan Anda di awal mempengaruhi proses perkembangan dan keberlangsungan bisnis Anda. Masa awal pun diakui cukup sulit dimana masih didapati ketidakstabilan dan besarnya risiko rugi daripada untung. Oleh karena itu, tidak heran banyak pelaku bisnis yang gulung tikar. Tepatnya hanya mereka yang gigih yang dapat bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini diberikan cara ampuh membuat bisnis Anda cepat naik kelas:

·       Awali dengan Ide Hebat
portal bisnis bersama
bisnis naik kelas
Awali bisnis Anda dengan ide hebat. Untuk menemukan ide hebat pastinya dibutuhkan usaha yang hebat pula. Setelah memiliki ide hebat, Anda harus dapat memindai pasar yang ingin disasar guna mengaplikasikan ide hebat tersebut. Jika Anda pandai memindai pasar secara tepat, bisa dipastikan bisnis akan tumbuh cepat. Adapun bila Anda sudah terlanjur menjalankan bisnis dan setelah beberapa waktu berlangsung ternyata tidak didapati perkembangan menjanjikan, maka Anda memerlukan pivot. Pivot merupakan suatu trik dimana Anda banting stir ide bisnis ke arah yang berbeda dengan pasar yang berbeda pula.

·       Pilih Orang Terbaik
Pilih orang-orang yang terbaik khususnya untuk masa start up. Masa awal sangat menentukan masa depan. Pada masa awal ini biasanya Anda membutuhkan 1 sampai 10 orang karyawan. Pastikan karyawan yang dipilih adalah mereka yang spesial dan memiliki kemampuan yang mendukung bisnis Anda. Orang-orang terpilih tersebut harus kreatif, agresif, dan fleksibel.

·       Hindari Patokan Latar Belakang Pendidikan
Jenjang pendidikan yang tinggi memang dapat menjadi salah satu indikator menilai keahlian seseorang. Akan tetapi, jangan lantas menilai bahwa mereka yang berpendidikan rendah tidak memiliki keahlian. Jadi Anda tidak harus memperkerjakan karyawan lulusan universitas atau perguruan tinggi. Adapun satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah karyawan yang Anda pilih mampu belajar cepat dan beradaptasi. Pastikan pula karyawan Anda gigih untuk belajar dan menerima suatu hal baru.

·       Jangan Tergantung Karyawan
Setelah sukses melewati masa start up Anda pastinya membutuhkan tambahan karyawan baru. Anda bisa merekrut orang baru untuk bekerja dengan karyawan lama Anda. Adapun dalam hal ini Anda jangan tergantung sepenuhnya dengan karyawan. Mungkin benar karyawan lama Anda sudah beradaptasi dan turut andil dalam perkembangan bisnis. Akan tetapi, Anda tetap harus memegang kendali.

Bangun Tim Transparan
Cara yang terakhir bangun tim yang transparan. Karyawan Anda berhak mengetahui kondisi yang berkembang di perusahaan. Saat bisnis sedang macet atau sedang banjir pesanan karyawan harus mengetahui informasi tersebut. Hal ini penting karena keberlangsungan bisnis juga berkaitan dengan keberlanjutan kerja karyawan. Adapun bila memang terjadi hal buruk pada bisnis para kayawan harus tahu agar tidak terkejut. 


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini