Bisnis Yang Meningkatkan Kecerdasan Bangsa


oleh : Portal Bisnis bersama


Meningkatkan kecerdasan bangsa bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga kewajiban bagi kita generasi muda bangsa Indonesia. Ada banyak cara untuk meningkatkan kecerdasan bangsa bahkan kita bisa melakukannya sambil berbisnis. Coba Anda bayangkan keuntungannya, disatu sisi kita membantu membebaskan bangsa ini dari kebodohan dan disisi lain kita juga mendapat keuntungan dari itu. Tunggu, sebelumnya jangan berfikir negatif dahulu terhadap artikel ini karena mengambil keuntungan dari kegiatan sosial. Tetapi fokusnya disini Anda harus bisa memilah-milah mana yang harus dibantu dan mana yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Bisnis Yang Meningkatkan Kecerdasan Bangsa
Jika lingkungan Anda berada di lingkungan tertinggal yang memiliki pendapatan dibawah rata-rata jangan melakukan hal ini pada daerah Anda. Justru merupakan kewajiban Anda membantu meningkatkan status daerah tersebut. Tetapi, lain lagi jika Anda berada dilingkungan yang berkecukupan dan rata-rata pendapatan menengah keatas. Anda bisa melakukan beberapa peluang bisnis yang sekaligus meningkatkan kecerdasan bangsa berikut ini.

Layanan Belajar Privat

Layanan belajar privat saat ini sangat menjanjikan untuk dilakukan. Banyak mahasiswa bahkan pelajar yang melakukan salah satu jenis usaha ini untuk menambah pendapatan pribadi. Memang, dijaman yang serba sibuk seperti ini banyak orang tua yang tidak memiliki waktu untuk membatu buah hatinya belajar setiap hari berturut-turut. Maka mereka lebih memilih mencarikan buah hati mereka seseorang yang bisa membantu belajar dengan biaya yang sudah disepakati. Jika Anda menanggapi kesempatan ini sebagai peluang yang bisa Anda ambil, selain mendapatkan keuntungan Anda juga turut membantu meningkatkan kecerdasan bangsa dengan menurukan kepandaian yang Anda miliki kepada generasi penerus bangsa lainnya.

Membuka Perpustakaan Umum

Perpustakaan tak hanya boleh didirikan oleh pemerintah dan disekolah saja. Tetapi Anda juga boleh mendirikan perpustakaan pribadi yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Tak perlu modal banyak untuk mendirikan perpustakaan. Jika Anda seorang pecinta membaca pasti Anda memiliki tumpukan buku yang sudah Anda baca dan menganggur didalam almari. Nah, tatalah buku-buku tersebut dengan rapi di tempat yang mudah dilihat oleh orang, kelompokkan berdasarkan tema atau jenis buku dan pasanglah harga menyewanya untuk beberapa hari. Hal ini akan membantu meningkatkan minat baca di daerah Anda. Karena minat baca yang kurang bukan karena tidak adanya kemauan untuk membaca, tetapi bisa jadi karena tidak adanya sarana yang dapat menumbuhkan kemauan untuk membaca. Bisa dicoba kan?

Ulasan diatas memberikan bukti bahwa berbisnis bukan hanya memberikan keuntunga-keuntungan pribadi pada satu pihak saja. Tetapi akan ada banyak pihak yang turut merasakan manfaat dari bisnis atau usaha yang kita lakukan. Maka dari itu janganlah takut dalam berbisnis, tak perlu modal besar untuk memulai jika Anda panda mencari celah dan memanfaatkan kesempatan disekitar Anda. Mari kita sama-sama berbisnis dan meningkatkan kecerdasan bangsa.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini