Bisnis Bimbingan Belajar, Mengapa Begitu Menggiurkan ?

oleh : Portal Bisnis bersama


Banyak kalangan bisnis yang sadar, bahwa bisnis yang berhubungan dengan dunia pendidikan adalah lahan bisnis yang menjanjikan keuntungan. Mengapa begitu? Karena dengan besarnya jumlah peserta didik di seluruh Indonesia, sekalipun keuntungan yang Anda peroleh terhitung kecil untuk setiap artikel atau bagiannya, tetapi karena faktor  pengalinya adalah jumlah peserta didik seluruh Indonesia, atau minimal jumlah peserta didik  suatu daerah, maka keuntungan yang akan Anda peroleh akan sangat besar.

a.     Keuntungan Bisnis Bimbingan Belajar

Bisnis Bimbingan Belajar, Mengapa Begitu Menggiurkan ?
Maraknya pemerintah memberikan ketentuan bahwa kelulusan  seorang siswa sekolah setingkat SMA maupun setingkat SMP ditentukan oleh lolosnya siswa tersebut menempuh Ujian Nasional, memberikan sebuah peluang bisnis baru yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Anda dapat melihat bahwa sekarang ini bisnis Bimbingan Belajar atau Bimbel berkembang seperti jamur di musim hujan. Beruntunglah bagi Anda yang sudah memulai  bisnis ini jauh sebelum ketentuan pemerintah ini berlaku. Karena saat ini, pasti Anda sedang memetik panen atas jerih payah Anda dengan banyaknya penyelenggaraan try out oleh sejumlah sekolah yang bekerja sama dengan bimbel - bimbel yang sudah mempunyai nama. Coba hitung berapa banyak siswa yang ingin menguasai mata pelajaran yang diujikan pemerintah. Ujian Nasional seakan menjadi momok yang menakutkan bagi setiap siswa yang sudah duduk di bangku tahun terakhir sekolahnya. Hal ini tentu saja boleh dibaca sebagai suatu pangsa pasar yang setiap tahunnya tidak akan pernah mati. Secara kasat mata , sebenarnya usaha bimbel ini , kalau boleh ditelaah, hanya memanfaatkan ketakutan setiap siswa dalam menghadapi ujian Nasional ini. Coba Anda perhatikan pola belajar yang diterapkan setiap usaha bimbel ini, tak lebih hanya suatu usaha untuk menjawab sebanyak banyaknya soal soal yang berhubungan dengan mata pelajaran tersebut. Boleh dibilang, jika anak Anda setiap hari belajar di rumah sendiri, dengan jam belajar yang sama dengan yang diterapkan di bimbel untuk  menjawab soal soal, apakah anak Anda tak akan menjadi pintar dan mahir ?  Tapi itulah dunia bisnis, berangkat dari keengganan, atau kalau boleh dibilang kemalasan siswa , untuk belajar lebih rajin, maka peluang bisnis bimbel ini jadi terbuka lebar. 
  
Bukan berarti Anda yang baru akan terjun di dunia bimbel ini, lalu kehilangan kesempatan untuk ikut meraup keuntungan.

b.    Peluang Bisnis Bimbel
Uraian singkat di atas, jangan lantas menyurutkan keinginan Anda untuk memulai bisnis bimbel ini. Justru dengan menumpang nama besar usaha bimbel ini, Anda memiliki beberapa keuntungan, apalagi beberapa usaha Bimbel dengan nama besar ini sudah mulai mengembangkan sayap usahanya dengan cara men-franchise-kan usahanya. Anda dapat bekerja sama dengan usaha bimbel yang sudah ternama ini. Anda tak perlu repot untuk beriklan mempromosikan usaha Anda. Nama besar usaha bimbel itu sudah cukup menjadi jaminan kualitas usaha Anda ini. Kalau untuk memulai usaha ini, Anda dituntut untuk membayar biaya kerjasama yang besar di awalnya, hitung – hitung anggap saja sebagai ganti biaya perintisan usaha Anda. Coba bayangkan, bagaimana dulu dan berapa banyak modal yang harus dikeluarkan usaha tidak sama.bimbel ternama ini pada saat pertama kali berdiri. Biasanya mereka menerapkan sistem kerja bagi hasil, Tapi dari hitungan biaya pengeluaran awal, jika tempat usaha Anda cukup strategis, biasanya usaha Anda akan kembali modal dalam waktu yang relatif  lebih cepat. Untuk memulai suatu usaha memang diperlukan suatu keberanian. Masih ingatkah saat Anda masih bayi, saat pertama kali Anda belajar berjalan. Apakah Anda saat itu sudah langsungh bisa lari ?  Tentu tidak. Pepatah mengatakan : Sebuah usaha besar selalu dimulai dari sebuah langkah kecil. 


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini