Berbisnis Di Sekolah? Mengapa tidak!


oleh : Portal Bisnis bersama

\Seperti yang telah Anda ketahui sendiri, saat ini harga kebutuhan pokok semuanya meningkat, mulai dari harga kebutuhan dasar seperti sandang pangan dan papan sampai berobat lebih-lebih biaya pendidikan. Melihat hal itu, tentunya kita harus pandai-pandai menyiasati agar tidak tergerus oleh perkembangan ekonomi. Termasuk para pelajar, meskipun tugas utama pelajar adalah belajar apa salahnya jika aktifitas belajar disekolah dimanfaatkan juga untuk sedikit mencari keuntungan hitung-hitung membantu orang tua atau sebagai tambahan uang jajan dan tabungan. Bukankah disekolah juga diajarkan mengenai kewirausahaan yang menuntut para siswa untuk lebih kreatif, inofatif dan dapat melihat peluang bisnis disekitar.

Sekolah, Tempat Bisnis Yang Menjanjikan

Berbisnis Di Sekolah? Mengapa tidak!
Tahukan kamu hal tersulit ketika kita memiliki sebuah usaha adalah pemasarannya. Sejauh mana kita dapat menjangkau konsumen sangat menentukan maju mundurnya usaha kita. Berbisnis sesuatu yang ringan di sekolah sangat menjanjikan keuntungan dan kemudahan bagi kita. Contoh yang ringan misalnya kita berbisnis isi ulang pulsa. Kita tidak perlu memasang baliho, menyebar pamflet atau yang lainnya untuk memberitahukan kepada orang-orang mengenai usaha kita. Cukup satu orang yang beli pulsa pada kita maka dalam satu hari akan langsung tersebar bahwa kamu jual pulsa. Dijamin dalam sehari minimal 5 orang akan membeli pulsa di kamu.

Peluang lain misalnya menjadi orang yang bersedia mengkoordinir kebutuhan foto copy modul-modul yang berlembar-lembar. Coba kamu lihat fenomena dimana ketika seorang siswa akan meng-copy modul dari sang guru, pasti hampir satu kelas akan nitip agar tidak capai-capai foto copy. Nah, apa salahnya jika kamu siap memfoto copy kan modul-modul mereka tetapi dengan harga yang berbeda. Tak perlu terlalu besar dalam mengambil keuntungan, cukup untuk membuat Anda mendapat 1 modul foto copy gratis sudah lumayan bukan?

Usaha yang sedikit memerlukan modal besar tetapi cukup menjanjikan seperti berjualan makanan kecil juga bisa dicoba. Ada beberapa anak yang terkadang malas pergi kekantin karena berbagai alasan. Nah anak-anak yang seperti itu bisa menjadi konsumen tetap mu. Apalagi ketika kelas kosong tidak ada pelajaran, paling asik jika bisa jajan tanpa pergi ke kantin dan pasti kamu yang jadi sasarannya.

Belajar Tetap Yang Utama

Melihat peluang-peluang diatas pasti kamu tertarik untuk mencoba salah satunya atau peluang lain yang lebih menjanjikan. Tetapi jangan lupa, seberapa berhasilnya kamu dalam berbisnis di sekolah jika nilai tidak stabil akan merugikan dan membuat usaha kita disekolah hancur. Bisnis di sekolah jadi berantakan karena kita terlambat mengumpulkan tugas, tugas menumpuk dan yang lainnya. Belum lagi jika kita harus berurusan dengan guru bimbingan konseling karena nilai kita yang menurun. Karena fokus kita bukan berbisnis sambil belajar tetapi belajar sambil berbisnis. Maka dari itu, belajar tetap yang nomor satu dan di iringi dengan berbisnis. Jadilah pelajar cerdas yang kreatif dan inovatif.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini