Beberapa Tips Memulai Dan Menjalankan Bisnis Laundry

Oleh : Portal Bisnis Bersama


Ada beberapa jenis bisnis yang belakangan berkembang; salah satunya adalah bisnis laundry. Bagi calon wirausahawan yang memilih bisnis ini dan ingin memulai bisnis laundry; ada baiknya melakukan persiapan terkait dengan bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan dan dikembangkan. Salah satu hal mendasar yang harus dipersiapkan adalah mengkonsep usaha laundry yang akan dijalankan. Mematok target merupakan bagian dari merancang konsep usaha laundry. Jika bisnis laundry yang akan dijalankan hanya sekedar melayani konsumen mencuci baju maka usaha ini dapat dijalankan dengan alat, pelayanan dan hasil yang apa adanya. Namun jika menginginkan bisnis ini berkembang dan mampu menguasai pasar; maka dibutuhkan beberapa persiapan yang detail dan serius.

Beberapa Tips Memulai Dan Menjalankan Bisnis Laundry
Pengadaan peralatan dan perlengkapan pelayanan laundry merupakan salah satu bagian terpenting. Ada beberapa peralatan penting yang harus disiapkan seperti mesin cuci, alat untuk mengeringkan pakaian, peralatan setrika berupa setrika dan meja, peralatan penyimpanan pakaian yang diterima dari konsumen dan telah selesai dikerjakan hingga alat dan bahan pengemasan sebelum pakaian yang telah selesai dikerjakan diserahkan kembali kepada konsumen. Kualitas perlengkapan dan peralatan akan mempengaruhi kualitas kerja dan hasil yang akan diberikan kepada konsumen. Memilih peralatan dan perlengkapan dengan kualitas di atas rata – rata mungkin akan menimbulkan beban investasi atau modal yang lebih besar; namun peluang untuk memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan kebanyakan penyedia jasa serupa akan lebih besar.

Bahan baku merupakan faktor penting lain yang akan mempengaruhi hasil seperti tingkat kebersihan pakaian yang dicuci hingga wangi yang dihasilkan oleh pakaian yang telah selesai dicuci dan disetrika. Beberapa pengelola bisnis laundry memilih bahan baku yang murah tanpa kejelasan asal usul dan kualitas guna menekan biaya seminimal mungkin; hal ini mungkin secara instan akan menguntungkan, namun dapat menimbulkan resiko terkait pencemaran lingkungan hingga kesehatan karyawan dan konsumen. Memilih bahan baku berkualitas mulai dari deterjen, pewangi  hingga pelicin pakaian saat disetrika dengan standar kualitas yang baik dan teruji dapat menjadi pilihan untuk menjaga kualitas pelayanan sebuah bisnis laundry. Bermitra dengan produk deterjen, pewangi dan pelicin pakaian dapat menjadi solusi untuk menghemat biaya penyediaan bahan sekaligus menjadi bagian dari pencitraan ketika bermitra dengan produk yang populer dan diakui kualitasnya.

Memilih karyawan dengan ketrampilan dan kualitas kerja yang baik merupakan hal penting lain yang harus diperhatikan dan dilakukan. Alat yang baik dan bahan baku berkualitas tidak akan memberikan hasil terbaik ketika tidak dioperasikan serta digunakan dengan baik dan benar. Memberikan pelatihan dan memilih karyawan dengan kualitas kerja yang baik menjadi sebuah solusi untuk mendapatkan karyawan dengan kualitas kerja yang sesuai dengan standar dan keinginan pemilik bisnis laundry. Kemasan dan pelayanan yang baik akan memberi nilai lebih guna mempertahankan dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini