Beberapa Hal Yang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Kita tahu bahwa penyakit yang berhubungan dengan jantung merupakan penyakit yang bisa dikatakan sebagai penyakit yang mematikan. WHO mengatakan bahwa sedikitnya ada 80 persen penyakit jantung yang bisa merenggut nyawa. Dokter yang spesialis menangani penyakit jantung mengatakan bahwa yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung adalah karena tekanan arteri yang tinggi pada pasien. Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang bisa berdampak pada penyakit lainnya.

Tidak jarang orang yang terkena darah tinggi tahu-tahu terkena stroke, tidak jarang pula banyak orang yang menderita penyakit darah tinggi tiba-tiba terkena penyakit jantung. Oleh sebab itu orang yang terkena darah tinggi harus hati-hati dalam menjaga kesehatan, sebab orang yang terkena darah tinggi bisa berdampak pada penyakit komplikasi lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi muncul, beberapa faktor itu adalah sebagai berikut :

1.   Faktor Usia, ketika usia sudah semakin tua, seseorang terkena penyakit darah tinggi peluangnya akan semakin besar, orang yang usianya sudah tua atau usianya 40 tahun ke atas, peluang untuk terkena penyakit ini semakin tinggi. Hal yang bisa menyebabkan seseorang yang berusia tua semakin tinggi adalah karena pembuluh darah mengalami pengerasan. Pembuluh darah yang semakin mengeras akan terjadi di usia tua, semakin tua pembuluh darahnya semakin keras.

2.   Keturunan, jika dalam keluarga Anda ada yang mengalami penyakit tekanan darah tinggi, maka peluang Anda terkena penyakit ini juga akan semakin besar. Anda harus mulai memperhatikan kesehatan Anda, lakukanlah beberapa hal yang bisa mengurangi potensi Anda untuk terkena darah tinggi.

3.   Gender, bagi pria diharapkan untuk berhati-hati dikarenakan bahwa penelitian mengatakan bahwa pria mengalami resiko lebih besar untuk terkena hipertensi. Namun bukan berarti para wanita harus berlega hati, karena wanita juga beresiko untuk mengalami hipertensi namun dengan tingkat persentasi yang lebih kecil.

4.   Obesitas, orang yang memiliki berat badan berlebih juga memiliki resiko untuk terserang penyakit ini. Obesitas disebut sebagai penyebab utama seseorang terkena hipertensi, mengapa begitu?. Orang dengan timbunan lemak yang ada di sekitar perut, paha dan pinggul sangat beresiko akan terkena penyakit darah tinggi. 

5.   Asupan Garam Berlebih, orang yang suka terhadap makan-makanan yang asin akan rentan terkena darah tinggi, oleh sebab itu jika ada orang yang terkena darah tinggi maka harus menghindari makan-makanan yang asin agar tekanan darahnya stabil dan tidak menjadi tinggi kembali.

6.   Alkohol, alkohol memang tidak baik bagi kesehatan. Alkohol juga membuat seseorang jadi mudah terkena darah tinggi. Alkohol juga membuat suhu orang yang meminumnya menjadi panas. Karena suhu badannya panas, tak jarang pecandu alkohol mejadi seseorang yang tempramental dan ringan tangan.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini