Beberapa Cara Menarik Investor Untuk Membiayai Bisnis

Oleh : Portal Bisnis Bersama


Mendapatkan modal seringkali menjadi sebuah tantangan bagi siapapun yang ingin memulai bisnis. Keterbatasan modal seringkali membuat seorang calon pelau  wirausaha menjadi patah semangat. Namun bagi mereka yang penuh semangat dan berpikir positif maka menemukan solusi selalu menjadi hal yang menarik; termasuk juga menemukan solusi untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha. Mendapatkan investor atau pihak yang menginvestasikan dana ke usaha yang akan dimulai merupakan salah satu solusi realistis yang bisa didapat oleh siapapun. Meskipun begitu ada beberapa syarat – syarat yang biasanya dibutuhkan untuk mendapatkan kepercayaan investor untuk menanamkan modal seperti membuat rancangan atau rencana bisnis yang jelas dan realistis disamping kemampuan seseorang mempresentasikan rancangan tersebut ditambah mengutarakan peluang – peluang mendapatkan keuntungan dari kegiatan bisnis yang akan dijalankan.

Beberapa Cara Menarik Investor Untuk Membiayai Bisnis
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan investor adalah membangun citra diri yang positif sehingga mampu meyakinkan para investor akan kemampuan dan ide yang akan dieksekusi sebagai sebuah bisnis. Dalam kasus seperti ini; kebanyakan investor akan mencari seseorang yang memiliki visi dan ide bisnis serta meyakini orang tersebut memiliki kemampuan untuk mewujudkannya. Menjadi seseorang yang berprestasi dan memiliki keahlian di bidang bisnis yang akan dijalani akan membuat investor datang untuk menanamkan modal.

Kemampuan untuk meyakinkan investor merupakan hal penting lain jika seorang wirausahawan belum memiliki reputasi ataupun prestasi. Ada beberapa hal yang harus dipresentasikan terkait ide dan rencana bisnis yang akan dijalankan; meyakinkan investor mejnadi hal yang sangat penting karena mereka merupakan pihak yang akan memberikan modal dengan motivasi mendapatkan keuntungan dari bisnis yang akan dijalankan. Memaparkan resiko dari bisnis yang akan dijalankan adalah sebuah keharusan; hal tersebut mungkin membuat investor membatalkan investasinya, namun kondisi tersebut jauh lebih baik daripada mereka berinvestasi namun tidak sanggup menghadapi resiko yang mungkin terjadi. Memaparkan permintaan pasar akan membuat investor melihat peluang dan memperhitungkan perbandingan antara resiko dan peluang dari bisnis yang akan dijalankan.

Paparan tentang bagaimana bisnis akan dikelola terkait dengan rencana pengelolaan bisnis dan juga informasi orang – orang yang akan dilibatkan dalam bisnis tersebut merupakan hal penting lain yang harus diketahui oleh calon investor. Tidak banyak investor yang mau mengeluarkan uang untuk wirausahawan baru jika mereka tidak benar – benar memahami bisnis yang akan dijalankan dan rencana bagaimana bisnis tersebut akan dikelola. Memaparkan metode yang akan dilakukan untuk masuk ke pasar atau membidik target konsumen merupakan hal penting lain; hal ini penting bagi investor untuk memetakan pasar atau target konsumen yang sudah ada dan bagaimana menambahnya seiring dengan tumbuhnya bisnis. Paparan mengenai pembagian keuntungan serta bagaimana membagi resiko juga sangat penting guna menguatkan pertimbangan investor sebelum memutuskan mengucurkan dana untuk keperluan modal usaha.



Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini