Bahaya Telinga Terlalu Bersih Dan Terlalu Kotor

Bahaya Telinga Terlalu Bersih dan Terlalu Kotor

oleh : Portal Bisnis Bersama



Sebagai organ yang berfungsi untuk mendengarkan, telinga termasuk dalam salah satu panca indra yang ada. Telinga terdiri dari dua buah bagian kanan dan bagian kiri ditampilkan dalam bentuk yang sama. Tanpa telinga maka manusia tidak mampu mendengar suara yang indah dan suara yang buruk. Sebagai organ bagian luar, telinga termasuk bagian yang dapat dikatakan jarang dibersihkan. Sekalinya telinga dibersihkan maka akan sampai bersih. Mengingat bagian dalam telinga mengandung cairan berwarna coklat kekuningan, maka perlu memerhatikan saat Anda hendak membersihkan telinga.

Bahaya telingan terlalu bersih & terlalu kotor
Hendaklah membersihkan telinga secara teratur. Jangan terlalu bersih dan juga jangan terlalu kotor untuk bagian lubang telinga. Sedangkan untuk bagian luar alias daun telinga perlu sekali untuk selalu menampilkan kebersihan. Ketika Anda sedang mandi maka daun telinga harus dibersihkan sampai tuntas. Jangan sampai ada kotoran yang menempel. Perhatikan pada bagian sela-sela daun telinga yang tersembunyi. Kemudian untuk bagian lubang telinga jangan sekali-kali Anda masukkan air. Bersihkan dengan air namun jangan sampai air masuk ke lubang telinga Anda. Bersihkan di bagian luar lubang telinga secara halus. Namun jangan sampai mengeluarkan cairan menggumpal yang ada di dalam lubang.

Perlu diketahui bahwa jika Anda menghilangkan cairan lubang telinga maka telinga akan menjadi sakit. Telinga juga menjadi tidak ada yang melindungi, Ketika ada serangga yang tidak sengaja masuk ke lubang telinga maka akan mengganggu kenyamanan Anda. Berbeda ketika cairan tersebut ada maka serangga akan segera mati karena memakan cairan yang ternyata berfungsi sebagai racun bagi serangga. Bersihkan telinga dengan cara yang benar agar telinga senantiasa dapat mendengar setiap suara yang ada. Sakit telinga akan membuat ketidak-nyamanan setiap aktivitas. Sehingga perhatikan benar saat memebersihkan telinga. Penting sekali menghindari penggunaan cotton bud yang terlalu sering. Jika ingin menggunakan cotton bud pastikan sebulan sekali atau dalam keadaan yang memang mengharuskan telinga dibersihkan menggunakan alat pembersih telinga. Sebab salah penggunaan cotton bud yang terlalu dalam akan menjadikan cairan telinga menjadi terdorong ke dalam beserta kotoran yang seharusnya Anda keluarkan. Mengingat cotton bud berbentuk bulat dan sedikit menyulitkan membawa kotoran keluar dari lubang telinga, maka gunakan dengan hati-hati.

Membersihkan telinga secara umum itu mudah. Asalkan setiap kali Anda mandi daun telinga dan bagian lubang telinga dibersihkan secara halus maka telinga akan bebas dari kotoran. Menghindari kebiasaan sering mengorek telinga harus mulai dilakukan bagi siapa saja yang jari-jari tangannya gatal untuk memasukkan ke lubang telinga. Ketika telinga merasa ada gangguan maka Anda akan mengalami masalah karenanya. Untuk itu, jangan sampai melupakan cara membersihkan telinga dengan benar dan tepat agar telinga selalu bersih dan sehat.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini