Awet Muda Bebas dari Kerutan

Awet Muda Bebas dari Kerutan


oleh : Portal Bisnis Bersama



Kerutan atau kulit keriput di wajah adalah masalah yang kerap dialami wanita di usia 20-30an. Kerutan merupakan ciri-ciri penuaan dini atau skin aging. Siapa yang tidak ingin terlihat awet muda? Karena wajah dapat memperlihatkan umur seseorang. Maka, tampil menarik dan awet muda juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Untuk itu, berbagai cara pun dilakukan oleh banyak orang. Mulai dari yang termurah hingga yang termahal. Namun, sebelum mengenal cara terbaik untuk mengatasi kerutan di wajah, ada baiknya kita mengetahui penyebab kerutan tersebut. 

Penyebab kerutan di wajah ada beberapa faktor. Faktor utamanya adalah pola hidup yang tidak sehat, antara lain: pola makan yang buruk, makan makanan yang tidak sehat, kurangnya minum air putih, kurang istirahat (suka begadang), konsumsi rokok dan alkohol, dan kurang berolahraga. Faktor-faktor tersebut berpengaruh pada kesehatan kulit, yaitu buruknya regenerasi sel-sel kulit dan kurangnya nutrisi pada kulit. Sedangkan faktor lain yang mempengaruhi skin aging adalah kondisi Indonesia sebagai negara tropis. Suhu udara cenderung panas, kering, dan tidak stabil. Ini yang menyebabkan kulit membutuhkan nutrisi lebih untuk menjaga kelembabannya.

Dari mengetahui penyebab-penyebab kerutan wajah, tentunya kita dapat mengetahui cara yang tepat untuk mencegahnya. Faktor pertama yang dapat kita cegah adalah faktor gaya hidup. Kita dapat mulai membiasakan pola hidup sehat. Pertama, konsumsi makanan sehat dan hindari junk food. Memakan buah dan sayur secara teratur setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Karena dalam buah dan sayuran terdapat banyak vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Dengan begitu, nutrisi kulit akan tercukupi. Kedua, istirahat yang cukup (jangan begadang). Karena tidur di malam hari dapat membantu regenerasi sel-sel kulit yang dapat mencegah penuaan dini. Tidurlah di malam hari selama 7-8 jam sehari. Ketiga, hindari rokok dan minuman beralkohol. Karena rokok dan alkohol berpotensi merusak kesehatan kulit dan menghilangkan nutrisi yang ada dalam tubuh.  Keempat, olahraga secara teratur. Olahraga sederhana dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu secara rutin. Cukup dengan aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau jogging selama 15-30 menit dapat membantu tubuh lebih segar dan awet muda. Kelima, melakukan senam wajah. Senam wajah berupa pijatan ringan di beberapa titik wajah seperti pelipis, pipi, dagu, dan rahang dapat menyehatkan otot-otot wajah. Pijatan ini dapat dilakukan setiap hari. 

Bagaimana mengatasi faktor eksternal seperti cuaca? Kita dapat menggunakan masker alami sebagai asupan nutrisi wajah. Masker alami tersebut dapat dibuat dari tomat, papaya, putih telur, minyak zaitun, ketimun, kulit semangka, madu, susu, nanas, dan daun teh. Selain memberikan nutrisi, penggunaan masker dari bahan alami juga berfungsi sebagai relaksasi kulit wajah. Wajah akan lebih segar dan awet muda bebas kerutan.

Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini